Guru Cakap IT, SMPN 4 Tambang Adakan Pelatihan Akunbelajar.Id | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Guru Cakap IT, SMPN 4 Tambang Adakan Pelatihan Akunbelajar.Id


FORUMRIAU.COM I TAMBANG -- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4  Tambang, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar hari ini, Rabu (17/2/2021) melaksanakan pelatihan pengelolaan akun belajar.id yang diwajibkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Pelatihan yang dibimbing oleh Google Master Trainer, Atika Defita Sari ini diikuti oleh seluruh guru dan tenaga pengajar yang ada di SMPN 4 Tambang. 

"Para peserta yang umumnya guru senior, sangat antusias mengikuti pelatihan. Diharapkan dari pelatihan ini, para guru nantinya dapat melek IT dan tekhnologi," kata Kepala SMPN 4 Tambang, Emelfa, S. Pd. 

Pelatihan ini sendiri diinisiasi dan dilaksanakan oleh SMPN 4 Tambang dengan mengundang Atika Defita Sari yang juga merupakan Duta Belajar Provinsi Riau. Dari itu, Melfa juga berharap sekolah lain dapat melakukan pelatihan yang sama untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang IT. 

Dalam pelatihan ini, peserta difasilitasi materi. Setelah pelatihan, peserta juga akan diberi sertifikat partisipasi belajar selama 32 jam. 

Ada pun materi pelatihan di antaranya, mengelola data di google drive, berkolaborasi di google docs,  slides dan sheets,  membuat survey dan kuis di google form. 

Materi lainnya, membuat kelas interaktif di classroom, mengelola acara secara efisien di google calendar serta melaksanakan tatap muka secara virtual di google meet. 

Dalam pelatihan tersebut, peserta juga diajarkan mengelola email secara efektif di google mail. 

Diketahui, belajar.id merupakan domain akun (email) pembelajaran guru dan siswa yang saat ini dapat digunakan untuk mengakses layanan pembelajaran secara online. Akun pembelajaran ini diterbitkan oleh kemendikbud bertujuan untuk mempermudah Guru dan siswa melakukan pembelajaran secara online. 

Emelfa menjelaskan, akun belajar.id ini merupakan akun yang sinkron dengan google dan dapodik kemendikbud. "Kita berharap setelah pelatihan ini para tenaga oendidik dan pendidikan dapat memahami materi yang disampaikan dan tidak lagi gagap dengan teknologi. (Rls/Ans)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :