Walikota Pekanbaru Diwakili Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Buka Monitoring Dan Evaluasi GKPD Kota Pekanbaru | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Walikota Pekanbaru Diwakili Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Buka Monitoring Dan Evaluasi GKPD Kota Pekanbaru

Walikota Pekanbaru Diwakili Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Buka Monitoring Dan Evaluasi GKPD Kota Pekanbaru

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU, - Pertemuan Lintas Sektor Dalam rangka monitoring dan evaluasi gerakan keamanan pangan desa ( GKPD ) Kota Pekanbaru, Selasa 08/12, bertempat ballroom Hotel Pesona.

Dalam sambutannya Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT, Diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan  Dra.Hj. Masriya " Gerakan Keamanan Pangan Desa ( GKPD ) merupakan aksi Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, Memperkuat Ekonomi desa dengan target 100 desa pertahun". 

Selanjutnya dibacakan masriya " Tujuan Monev ( monitoring dan evaluasi ) pelaksanaan program GKPD, Untuk memastikan hal hal yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan untuk mengetahui hasil serta dampak dari program tersebut".

Melalui Monev ini keluaran yang diharapkan diantaranya, :
- Melihat proses maupun kemajuan pelaksanaan program GKPD
- Mengidentifikasi hal hal yang mendukung atau menghambat pelaksanaan program GKPD
- Mengukur ketercapaian target yang telah ditetapkan
- memperoleh rekomendasi untuk pembangunan program lanjutan
- Memberikan solusi terhadap permasalahan dan atau penyimpangan yang terjadi

" Maka melalui pelaksanaan pertemuan lintas sektor ini, Kita berharap dapat melaksanakan penguatan gerakan keamanan pangan desa, Untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin hidup sehat di kota Pekanbaru dengan baik dan terintegritas" ujar masriya.

Plh BPOM ( Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan ) Dra. Syarnida,Apr. MM, 
Dalam sambutannya " Pertemuan lintas sektor  dalam rangka monitoring dan evaluasi gerakan keamanan pangan desa ( GKPD ) di kota Pekanbaru tahun 2020 ".

Tujuan monitoring dan evaluasi ini di katakan Syarnida
" melihat proses maupun kemajuan pelaksanaan program, mengukur capaian target yang telah ditetapkan, mengidentifikasi hal hal yang mendukung atau menghambat pelaksanaan program, memperoleh rekomendasi untuk pengembangan program", ujarnya

Pada tahun 2020 ini Balai Besar POM di Pekanbaru telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan GKPD pada dua Kelurahan di Kota Pekanbaru, yaitu:
Kelurahan Agrowisata
Kelurahan Binawidya
Rangkaian kegiatan  yang telah dilakukan adalah:
Advokasi Kelembagaan Desa
Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa
Bimbingan Teknis untuk Komunitas Desa
Fasilitasi Keamanan Pangan
Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan.

Lurah Agro wisata, Muhammad, S,STP MSi saat diwawancarai awak media mengatakan " banyaknya wilayah agro diwilayahnya masyarakat, Ketahanan pangan yang dikembangkan di kelurahan agro wisata, salah satunya tanaman pepaya, keamanan pangan, wilayah pertanian dan harus mengumpulkan pemilik lahan yang ada  dan masih dalam proses, program untuk 2020, kemandirian masyarakat, himbauan  kepada kader,  kader diuji dan dilatih untuk keamanan pangan, sudah ada kerja sama dengan BPOM.

Selanjutnya lurah bina Widya, kecamatan tampan,Azhar, terlaksana sejak tiga bulan lalu, ditindak lanjuti kekota, kaderisasi bekerja sama dengan pihak puskesmas, dan pengawasan di pasar pasar tradisional, kemudian juga memberikan clomed, agar terjaga keamanan pangan.
Berbekal pelatihan, kaderisasi baik pemuda dan kaderisasi pangan harus benar menerapkan pelatihan yang sudah diberikan, imbuhnya

Hadir dalam kesempatan tersebut kepala dinas komunikasi, Informasi dan statistik propinri riau, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa propinsi, dinas kesehatan kota Pekanbaru, dinas perdagangan dan perindustrian , Dinas pendidikan kota, Camat, lurah, Sekretaris lurah, Sanitarian puskesmas, Kader Keamanan pangan Desa dan balai besar POM Pekanbaru.//red syafri

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :