Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota

forumriau.com 29.11.20
forumriau.com
Minggu, 29 November 2020

Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota

FORUMRIAU.COM - SIAK, Mengantisipasi gangguan kamtibmas pada proses Pilkada yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, Polres Siak Polda Riau, menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Kegiatan ini  dilaksanakan dilapangan sepak bola Kampung Dayun Kecamatan Dayun,Sabtu (28/11/2020)

Saat Simulasi Sispamkota Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2020 Polres Siak melakukan skenario pengamanan seolah olah terjadi rusuh massa pada saat pemilihan kepala daerah nanti.

Dimana di Simulasikan ada salah satu kelompok pendukung pasangan Calon yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Siak.

Kemudian, Pihak pengamanan dari Polres Siak pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mulai dari menurunkan negosiator berlanjut menurunkan personil pengendalian masa ( Dalmas ) yang melibatkan seluruh personil Polres Siak dari setiap Satuan. Hingga diturunkan mobil water cannon dan pasukan bermotor untuk mengurai masa yang di Simulasikan anarkis.

Saat Simulasi Sispamkota Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2020 Polres Siak disaksikan oleh undangan dari Forkopinda Kabupaten Siak, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu serta masyarakat sekitar. 

Dalam arahannya, Kapolres Siak AKBP Doddy F. Sanjaya, SH, SIK, MH mengatakan kegiatan Simulasi Sispamkota Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2020 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Polres Siak dalam melaksanakan pengamanan Pilkada 2020.

"Kita melaksanakan Simulasi pengamanan Pilkada ini untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan setiap tahapan dan rangkaian Proses pemilihan kepala daerah nanti mulai dari tahapan pemungutan suara hingga Pelantikan dan sumpah jabatan," kata Kapolres

Tambah AKBP Doddy, dalam pengamanan Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelum nya karena selain menjaga situasi tetap aman dan kondisif polri juga dituntut untuk memastikan tidak terjadinya penyebaran Covid - 19 karena masih dalam situasi pandemi.

"Saya berharap seluruh personil benar benar siap dalam melakukan pengamanan, baik menjaga situasi tetap aman dan kondusif selama proses pesta demokrasi ini berlangsung , mulai dari pencoblosan nanti sampai pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta benar benar memastikan semua nya terhindar dari penyebaran Covid - 19, dua hal ini yang harus benar benar jadi pedoman". Tegas Kapolres.

Diakhir arahan nya Kapolres Siak memyampaikan agar seluruh personil melaksanakan sumulasi ini dengan serius dan sungguh sungguh.

"Kemampuan dalam pengendalian massa merupakan kemampuan yang perlu latihan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiap siagaan personil, untuk itu lakukan simulasi ini dengan serius dan sungguh sungguh,seolah olah ini benar benar terjadi agar tahapan demi tahapan pengamanan dapat berjalan sesuai rencana dan hasil nya sesuai dengan yang kita harapkan.".tutup AKBP Doddy

Thanks for reading Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments