Melirik Cara Unik Peringatan Maulid Nabi di Kuansing | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Melirik Cara Unik Peringatan Maulid Nabi di Kuansing

Melirik Cara Unik Peringatan Maulid Nabi di Kuansing

Peringatan hari kelahiran Nabi Muhhamad Salallahu'alaihiwassalam (SAW) menjadi tradisi religius yang tidak terpisahkan oleh sebahagian besar masyarakt muslim daerah di Indonesia.

Selain mendatangkan seorang mubaigh atau ustadz, masyarakat juga mengisinya dengan semangat kebersamaan dan motivasi agar giat beribadah sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.

FORUMRIAU.COM - Seperti masyarakat di desa Seberang Taratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kautansingingi (Kuansing), Provinsi Riau, memperingati maulid Nabi SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1439 H/1 Desember 2017 M, dengan cara unik tersendiri.

Selain diwarnai oleh kajian ceramah serta tausiah, cara unik peringatan maulid Nabi SAW dilakukan dengan sekaligus membeikan penghargaan kepada warga yang punya peran dalam pertumbuhan pembangunan desa.

Cara unik tersebut dimotori oleh Kepala Desa Seberang Taratak Air Hitam, Samsul Hadi dengan tujuan menumbuhkan semangat kebersamaan dalam menjalani kerukunan beragama umat islam.

"Sebagai motivasi, saat moment peringatan mauid Nabi Muhammad malam ini adalah ketika ramainya masyarakat berkumpul di tempat ibadah, yaitu masjid. Untuk itu dalam kesempatan ini, pemerintahan Desa Seberang Taratak Air Hitam sekaligus memberikan penghargaan bagi masyarkat yang berprestasi dari berbagai sudut pandang kategori mereka dalam memajukan program pembangunan desa," ungkap Samsul Hadi, 30 November 2017, di Masjid Taqwa.

Menurut Samsul Hadi, pemberian suatu penghargaan itu disalurkan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tahun 2016 yaitu program pola tanaman perkarangan. Dimana tanaman jenis holtikultura yang merupakan program pemerintah desa dan masyarakat desa Seberang Teratak Air Hitam dimuai sejak tahun 2016 silam.

Harapan pemerintah desa kepada seluruh masyarakat agar kegiatan ini dapat ditingkatkan. Guna menunjang perekonomian bersama.

Ada 5 kategori masyarakat yang mendapatkan penghargaan sebagai berikut:
1.Kepala Dusun Terbaik
2.Kelompok Tani Terbaik
3.Masyarakat yang konsisten dalam menanam Holtikultura
4.Perkarangan tebersih
5.Partisipasi terbaik dalam gotoroyong Jum,at bersih.

Untuk kategori Kepala Dusun terbaik diberikan kepada Kepala Dusun Lobung atas nama Ali Usman.
Plakat penghargaan diserahkan langsung oleh kepala desa Samsul Hadi.

Untuk kategori Kelompok Tani terbaik diraih oleh kelompok tani Bunga Tanjung yang diketuai oleh saudara Gurna Erwandi, plakat diserahkan langsung oleh ketua BPD Napriyon.

Sedangkan untuk kategori masyarakat yang tetap konsisten dalam menanam holtikultura diberikan kepada:
1. Sukardi, plakat langsung diserahkan oleh Sekdes Suadara Muhardi
2. Rapi Jalius, plakat diserahkan langsung oleh Datuk Rajo Nan Putiah bapak Yasmuni
3. Seventri, plakat diserahkan langsung oleh ketua TPK Zaiton Apriati.
4. Andesta, plakat diserahkan langsung oleh Ustadz Muhammad Islam Spdi.

Sementara itu, kategori Perkarangan tebersih diberikan kepada Musahiddin dan Heppy Pironika, penyerahkan plakat kategori perkarangan tebersih diserahkan langsung oleh ketua Pemuda, Alpi Hendri dan ketua LPM Kosbeni.

Selanjutnya ketua PKK Irna Yuinda menyerahkan plakat secara langsung kepada kepala dusun Lobung Ali Usman dalam kategori partisipasi gotoroyong Jum,at bersih.
"Semoga kebiasaan warga untuk hal yang positif dalam menjalankan program desa dapat menjadi contoh dan semangat bagi yang belum masuk dalam kategori penghargaan ini. Itulah tujuannya kita serahkan dalam rangkaian acara peringatan maulid Nabi SAW, malam ini saat masyarakat berkumpul di masjid," pungkas Samsul Hadi.(*) Liputan: Hengki La Ode | Editor: Surya Koto

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: