Guru Berprestasi Ini Akhirnya Buka Rahasia | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Guru Berprestasi Ini Akhirnya Buka Rahasia

Guru Berprestasi Ini Akhirnya Buka Rahasia
Menjadi guru berprestasi punya syarat tertentu yang harus dipenuhi. Mulai dari persyaratan akademik hingga jenjang pendidikan minimal, saat aktif menjadi guru di sebuah sekolah.

Selanjutnya guru berprestasi juga harus memiliki sertifikasi pendidik dari lembaga yang telah diakui pemerintah untuk sertifikasi guru.

FORUMRIAU.COM - Guru berpresatasi juga dituntut aktif melaksanakan proses pembelajaran atau konseling yang dibuktikan melalui surat keterangan dari kepala sekolah.

Punya masa kerja paling sedikit 8 tahun secara terus menerus, yang ditunjukkan dengan bukti SK pengangkatannya sebagai guru. Belum pernah menjadi finalis pemilihan guru SMP
berprestasi tingkat nasional dalam 5 (lima) tahun terakhir.

Guru berprestasi juga telah melaksanakan beban mengajar sekurang-kurangnya 24 jam tatap
muka per minggu yang dibuktikan dengan fotokopi SK Kepala Sekolah tentang pembagian tugas mengajar.

Untuk persyaratan khusus, salah satunya adalah membuat dan menyerahkan karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan artikelnya, yang merupakan hasil karya sendiri, dibuktikan dengan pernyataan orisinalitas di atas kertas bermeterai Rp. 6.000., dan diketahui oleh kepala sekolah.

Karya tulis ilmiah itu disusun, dipresentasikan pada pemilihan guru SMP berprestasi mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai dengan tingkat nasional.

Hal tersebut diatas telah dilalui dengan sempurna oleh Nurhidayati MPd, seorang guru di SMPN 4 Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Nurhidayati MPd kelahiran 15 November 1977 silam ini aktif membuat karya tulis dan telah diterbitkan dalam bentuk buku.

Judul buku yang populer dikalangan akademik karya Nurhidayati berjudul Manager Pustaka Sekolah (ISBN:978-602-6656-07-0) dan Minat Membaca (ISBN:978-602-6656-08-7).

Di kalangan guru pengajar dan pelajar tingkat SMP, buku karya Nurhidyati MPd berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik IPS SMP/MTs Kelas VII (ISBN:978-602-6656-09-4).
Atas prestasinya tersebut, Nurhidayati mendapat hadiah umroh dari Pemerintah Kabupaten Kampar yang sengaja diberikan bagi guru berprestasi tersebut.

"Informasinya, hadiah umroh bagi guru berprestasi di Riau tahun 2017 ini hanya dua pemerintah kabupaten yang mengadakan bonus umroh, yaitu Kampar dan Rokan Hulu. Saya Insha Allah berangkat pada 19 Desember 2017 nanti," ungkap Nurhidayati, Jumat 10 November 2017.

Selain Nurhidayati sebagai guru berprestasi 2017 dari Kabupaten Kampar, ada 7 orang lagi mendapatkan hadiah umroh tersebut yaitu satu orang guru SD dan satu orang guru TK.

Sisanya adalah bonus untuk satu orang kepala sekolah SMP, kepala Sekolah SD, kepala Sekolah Tk dan pengawas SD serta pengawas SMP.

Namun demikian, Nurhidayati lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Riau lulusan 2001, Magister (MPd) pasca Sarjana Universitas Riau 2015 ini, tidak lupa mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang berperan, baik langsung atau tidak langsung turut membantu prestasinya tersebut.

"Dalam menjalani kehidupan, bersosial, kita pasti punya keterkaitan yang mengisi satu sama lainnya untuk kesempurnaan. Saya mengucapkan terimakasih bagi semua orang yang memberi support terhadap prestasi ini, terutama kepada keluarga saya," kata Nurhidayati.

Selain rasa terimakasih kepada semua pihak tersebut, Nurhidayati MPd bahkan megungkap rahasia sukses yang selama ini dari dalam dirinya pribadi.

"Jangan pernah berhenti berkarya. Kerjakan sesuatu dengan ikhlas dan selalu berdoa agar Allah meridhoi apa yang kita lakukan," kata Nurhidayati mengungkap rahasia suksesnya meraih guru berprestasi tahun 2017 untuk tenaga pendidik tingkat SMP ini.(*) Liputan Sukamso | Editor: Surya Koto

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: