Alasan Izin RAPP Dicabut Akhirnya Terungkap | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Alasan Izin RAPP Dicabut Akhirnya Terungkap

Alasan Izin RAPP Dicabut Akhirnya Terungkap
Izin operasional perusahaan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Grup PT.APRIL akhirnya dicabut oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Melalui surat Keputusan yang dikeluarkan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, melalui Sekretaris Jendral Kementrian Pehubungan Bambang Hendrayono, 6 Oktober 2017.

FORUMRIAU.COM - Pencabutan izin khususnya untuk kelola lahan gambut tersebut berdasarkan penilaian kementrian terhadap operasional PT.RAPP di sejumlah lokasi.

Pencabutan izin tersebut karena selama periode bulan tertentu, PT RAPP sebagai anak perusahaan APRIL Group tidak menunjukkan itikad baik dalam melaksanakan peraturan. Perusahaan Sukanto Tanoto ini secara terus menerus menerus melanggar peraturan gambut baru.

Setelah menerima sejumlah surat yang berisi peringatan dari Kemen LHK tentang ketidakpatuhannya terhadap peraturan gambut baru, PT RAPP, milik APRIL tidak kunjung memperbaiki rencana kerja 10 tahun, yang sejalan dengan rencana kerja tahunan 2017, sesuai dengan peraturan gambut baru.

Artinya rencana kerja yang ada dinyatakan tidak sah sebagai dasar hukum untuk kegiatan operasional di lapangan.

Dengan ketegasan Kementerian LHK RI ini berdampak kepada SDM di lingkup RAPP sebagaimana disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komisariat Riau Muller Tampubolon kepada wartawan saat berbuka puasa 1438 H tahun 2017 beberapa bulan lalu, akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran apabila benar-benar peraturan gambut ini diterapkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian LHK.

Menurut Ketua APHI Riau itu secara keseluruhan di Riau bila peraturan gambut itu benar-benar diterapkan, maka akan ada PHK 20.000 karyawan disektor Hutan Tanaman Industri (HTI) di Riau.

Bahkan pihak Jikalahari meminta pihak APHI Riau jangan mengancam-ancam dengan cara demikian. Karena kebijakan Pemerintah Indonesia ini adalah untuk menyelamatkan gambut Indonesia dari kerusakan lingkungan hidup.(*) sumber : rilis media
Perlu dilihat: Jeritan Warga Kepulauan Meranti di Pulau Padang

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: