Jika Bunda Sakit Bolehkah Tetap Beri ASI Pada Bayi

forumriau.com 2.8.17
forumriau.com
Rabu, 02 Agustus 2017
Jika Bunda Sakit Bolehkah Tetap Beri ASI Pada Bayi?
Cukup banyak ibu menyusui yang bingung saat dirinya jatuh sakit. Tak hanya membuat badannya tidak fit seperti biasanya, ia pun khawatir jika penyakit yang dialaminya menular pada buah hatinya.

Apalagi dengan fakta bahwa bayi akan terus menyusu pada dirinya saat lapar. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika ibu yang sedang sakit tetap menyusui buah hatinya?

Pakar kesehatan Nia Umar yang berasal dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyebutkan bahwa ibu yang sedang jatuh sakit tidak perlu khawatir untuk terus menyusui bayinya.

Telah banyak penelitian kesehatan yang menunjukkan bahwa ASI tidak akan menurunkan penyakit yang diderita ibunya pada bayi.

Sebagai contoh, saat ibu pilek, batuk, demam, atau bahkan terkena cacar, Ia boleh saja terus menyusui, asalkan pada payudara tidak muncul lesi cacar.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Ruth Lawrence yang menulis buku berjudul “Breastfeeding: A Guide for the Medical Profession” menyebutkan bahwa ibu yang sakit tidak akan dengan mudah membuat bayinya juga ikut jatuh sakit.

Berbagai jenis bakteri pemicu penyakit tertentu ternyata tidak mampu mengkontaminasi ASI.
Memang, masih ada beberapa jenis bakteri yang mengkontaminasi ASI, namun, bakteri-bakteri ini cenderung sangat langka.

Alih-alih mengkhawatirkan penyakitnya, ibu menyusui justru sebaiknya memperhatikan obat-obatan yang Ia minum saat sakit.

Jangan sembarangan membeli obat tanpa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu karena bisa jadi kandungan obat yang diminum mempengaruhi kualitas ASI atau kesehatan bayi.(drsc)

Perlu dilihat : Rahasia Perut Ramping Artis Jepang Hanya Dengan Pernapasan

Thanks for reading Jika Bunda Sakit Bolehkah Tetap Beri ASI Pada Bayi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments