Video Warga Nekat Tunggu Lahar Gunung Sinabung Hantam Pemukimannya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Video Warga Nekat Tunggu Lahar Gunung Sinabung Hantam Pemukimannya

Gunung Sinabung kembali menunjukkan aktifitasnya dengan mengeluarkan lahar dan mengalir ke pemukiman masyarakat setempat. Meski mengeluarkan lahar, namun warga malah menunggu detik - detik datangnya lahar dan bahkan merekamnya.

FORUMRIAU.COM -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) itu, aktif itu kembali sebagai bererupsi dan meluncurkan awan panas. Selain itu, guguran lava terus terjadi dan setelahnya mengalir ke aliran sungai.

Petugas pos pengamat Gunung Sinabung Armen mengatakan erupsi tersebut terjadi dua kali pada pukul 02.39 dan 10.25 WIB, Sabtu (15/7/2017).

"Tinggi kolom erupsi 2.500 meter di pukul 10.25 WIB," kata Armen kepada detikcom.

Adapun guguran awan panas, lanjut dia, terjadi pada pukul 13.40 WIB dengan jarak luncur 3.000 meter ke arah selatan.

"Guguran lava terus-menerus terjadi sekitar satu jam. Terpantau itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB mengarah ke selatan," ucap Armen.

Dengan masih tingginya aktivitas Gunung Sinabung, masyarakat diimbau selalu waspada dan menggunakan masker bila terjadi erupsi.

"Diimbau untuk menghindari zona merah. Menggunakan masker ketika ada abu," ujarnya.

Sejumlah warga sekitar yang dialiri lahar dingin dari hasil larva erupsi gunung Sinabung tersebut malah menunggu dan merekam dengan kamera amatirnya.Berikut hasil rekaman seorang bernama Setiawan yang diupload di facebook.

(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: