Begini Cara WNA Cina Menipu Korban Dari Surabaya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Begini Cara WNA Cina Menipu Korban Dari Surabaya

Begini Cara WNA Menipu Korban Dari Surabaya
Warga Negara Asing (WNA) sebanyak 92 orang ditangkap polisi sebagai pelaku kejahatan Informasi dan Telematika (IT). Dalam pengembangan penyelidikan, pelaku menggunakan modus operandi penipuan dengan cara pemerasan calon korban.

FORUMRIAU.COM -- Pemerasan dilakukan terhadap pejabat - pejabat bermasalah di negeri Cina. Mereka mengantongi sejumlah data pejabat yang diduga bermasalah di Cina.

Dengan bekal data yang mereka hacker dari situs-situ dan website pemerintahan Cina, maka aksi mereka lakukan melalui telepon.

Komunikasi melalui telepon mereka lakukan sebagai upaya mengamankan kasus para pejabat bermasalah di Cina itu.

Mereka diduga menipu dengan berkedok sebagai jaksa yang menelepon pejabat China yang bermasalah.

"Dia mengaku seperti Polisi atau Jaksa, menelepon ke Cina, karena ada pejabat yang sedang bermasalah. Dia pura-pura sebagai polisi atau jaksa yang menawarkan kasusnya akan selesai atau bisa dibantu kalau dia memberikan uang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (30/7/2017).

Argo menjelaskan WNA tersebut mendapatkan data melalui internet. Mereka menjebol situs dan mencuri data para korban yang terlibat masalah di negaranya.

"Semuanya bisa masuk ke tempat data-data itu dia. Mereka itu kan pinter IT semua. Dia bisa mencuri data," kata Argo.

Sementara itu Argo menjelaskan ada WNI yang ditangkap dalam penipuan berkedok makelar kasus itu. Polisi masih menyelidiki sejauh mana keterlibatan WNI tersebut.

"Ya dia itukan sopir kemudian yang memberikan informasi, memberikan makan sementara masih dimintai keterangan di Polda Jawa Timur. Nanti kita gali apakah yang bersangkutan ada kaitan atau tidak, karena tidak mungkinkah WNA bisa tau sedetail ini, pasti ada yang membantu," ungkap Argo seperti dikutip oleh detikcom.(*)

Perlu dilihat : Heboh Cara Setya Novanto Bebas Dari Kasus E-KTP Terungkap

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: