Amien Rais Sebut Jelas Sekali PKI Dibiarkan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Amien Rais Sebut Jelas Sekali PKI Dibiarkan



Peraturan Pemerintah Pengganti Undang - Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 soal pembubaran Ormas (Organisasi Masyarakat) dinilai keliru untuk diberlakukan. Langkah Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pembubaran Ormas itu harus ditolak oleh wakil rakyat.

FORUMRIAU.COM -- Demikian saran Prof.DR Amien Rais, mantan ketua MPR RI 1999 ini dalam pertemuan halal bihalal Muhammadiyah Jabar, Kamis 13/7/2017di Bandung.

Menurut Bapak Reformasi ini, pemberlakuan Perppu itu membuktikan pemerintahan Jokowi semakin kacau dan keliru.

"Saya lihat makin kacau, makin keliru, makin salah lagi bahaya. Keliru ya seperti ini. Kemudian polisi sudah guncang, saya sudah nggak percaya. Rakyat kecil sudah mengeluh tarif dinaikkan, harga-harga sembako semakin tinggi," ujar Amien.

Meski dalam Perppu Ormas, Mendagri dan Menkum HAM punya kewenangan membubarkan ormas yang melanggar aturan melalui dua tahap yang harus dilakukan sebelum pembubaran atau mencabut status hukum, yakni peringatan tertulis dan penghentian kegiatan, namun Amien melihat subjektifnya terhadap Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang, menurutnya, akan dibubarkan melalui Perppu itu.

"Kalau HTI dibubarkan kemudian komunisme dikembangkan itu apa hasilnya? Jelas sekali PKI di depan mata dibiarkan. Ya toh? Nggak diapa-apakan. Kalau HTI nggak pernah berbuat, hanya punya prinsipil yang berbeda dengan kita dan nggak ada kata 'makar'. Jadi ini kesalahan fatal bagi Jokowi kalau HTI dibubarkan," ujar Amien di kantor DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017) seperti dikutip detikcom.

Amien Rais menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengoreksi diri.

"Jadi menurut saya lebih ada self correction ya. Jokowi dan JK duduk, masukan-masukan dari mereka-mereka yang salah posisi dilihat. Kalau memang betul, kerjakan, yang tidak masuk akal, tinggalkan. Saya kira ini nasihat saya untuk Jokowi," pungkas Amien seperti dikutip detikcom.

Umat Akan Bergerak Soal Perppu
Amien Rais meminta Tim  Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berpikir ulang memberlakukan aturan tentang pembubaran organisasi masyarakat (Ormas).

"Karena, kalau dilaksanakam dan DPR mengamini, ini negeri kita khawatir kalau kesadaran umat sudah tak tertahankan mereka akan bergerak pada hal-hal yang tak kita inginkan bersama," ujar Amien kepada wartawan usai acara Silaturahim dan Halal Bihalal Muhammadiyah Jabar, Kamis (13/7/2017).

Amien menilai, langkah pemerintah menerbitkan Perppu pembubaran Ormas tersebut sebagai langkah yang fatal. Karena, itu sudah mengabaikan fakta dimasyarakat.

"Perancang Perppu ini, orang yang mengidap Islamofobia," ungkap Amien Rais seperti dikutip republika.coid.

Nantinya, kata dia  program pertama adalah HTI. Kemudian menyusul FPI serta musuh-musuh yang lain dibubarkan. Jadi, sekali pun sudah diumumkan lebih baik ditolak oleh DPR.

"Karena ini berbahaya ya. Jadi saya khawatir langkahnya Jokowi ini dari salah ke keliru. Jadi Perppu ini sebaiknya ditolak," kata Amien.

Adapun kalau ada Ormas berbahaya yang menawarkan ideologi di luar pancasila, kata dia, itu tak usah dibubarkan. Tapi, dipanggil lalu diberi batas atau kekangan-kekangan tertentu kalau berbahaya.

Menurut Amien,  HTI itu sebenarnya hanya kumpulan mahasiswa laki-laki dan perempuan yang berasal dari kampus yang yakin bahwa pemerintahan yang berpegang pada wahyu langit atau norma agama itu bisa menyelesaikan masalah.

"Artinya, khilafah itu pemegang kekuasaan itu orang yang beragama, cinta kebenaran tak suka kedzoliman dan lain-lain. Jadi, tolong saya mengatakan apa adanya," katanya.

Jawab Jokowi
Sejak maraknya pemberitaan penangkapan serta foto logo Komunis Palu Arit, Presiden Joko Widodo pernah menyatakan dan meminta agar menunjukkan keberadaan PKI (Partai Komunis Indonesia).

"Jika PKI nongol, gebuk aja," kata Jokowi yang banyak dikutip media dalam sebuah pertemuan beberapa waktu lalu.

Meski demikian, pernyataan Jokowi tersebut tetap dinilai bertolak belakang dengan kenyataan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, sehingga Amien Rais menyatakan hal tersebut diatas.

VIDEO : Benarkah Ormas Islam Anti NKRI? 
(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: