Ketika Pelaku Bom Makkah Kembali Digagalkan Polisi | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ketika Pelaku Bom Makkah Kembali Digagalkan Polisi

Pelaku bom yang akan meledakkan diri di lokasi Masjidil Haram berhasil digagalkan polisi Arab Saudi. Salah stu pelaku adalah peremuan. Mereka meledak sebelum mencapai target setelah polisi Arab Saudi mengetahui keberadaannya.

FORUMRIAU.COM -- Pelaku akhirnya meledakkan diri seketika setelah diketahui oleh polisi Arab Saudi. Bangunan di sekitar ledakan menjadi hancur dan 11 orang dilaporkan mengalami luka akibat efek ledakan bom.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Jenderal Mansour Al Turki mengatakan pada televisi Saudi, bahwa pihak keamanan Saudi berhasil menggagalkan serangan yang menargetkan pihak keamanan di Masjidil Haram, dan para jemaah.

Sebelum mengelilingi lokasi pengebom di sekitar Masjidil Haram, dalam penggerebekan di Makkah dan Laut Merah, Jeddah, petugas berhasil menangkap lima orang, salah satu dari mereka adalah perempuan.

"Sayangnya dia mulai menembaki petugas keamanan begitu dia melihat kehadiran petugas di daerah tersebut. Itu sebabnya polisi menembaki dia sebelum ia meledakkan diri," kata Turki seperti dikutip dari Khaleej Times, 24 Juni 2017 yang dirilis news.viva.co.id.

Dalam beberapa tahun, Arab Saudi mengalami serangkaian serangan. Sebagian besar serangan diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS dan menyasar kelompok Syiah dan petugas keamanan.

Pasukan keamanan Kerajaan Arab Saudi menyatakan ledakan itu merupakan sebuah rencana aksi bom bunuh diri yang akan diledakkan sekelompok teroris di Masjidil Haram, Mekkah, pada Jumat, 23 Juni 2017, waktu setempat.

Kronologi Polisi dan Ledakan
Dilansir dari laman Reuters, Sabtu 24 Juni 2017, disebutkan pasukan keamanan Kerajaan Arab Saudi mengepung sebuah apartemen yang dijadikan tempat persembunyian teroris sebelum para pelaku tersebut meledakkan diri.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyebutkan ada tiga sel yang telah merencanakan serangan terhadap pasukan keamanan Masjid di akhir bulan suci Ramadan tahun ini.

Dalam upaya penyergapan tersebut, pada pasukan keamanan Arab Saudi sempat melakukan tembak-menembak dengan para pelaku teroris, sehingga akhirnya memicu pelaku meledakkan bom tersebut.

Lokasi yang dijadikan tempat persembunyian teroris tersebut berada di lingkungan pejuang Mekkah, Ajyad al-Masafi. Lokasi tersebut dekat dengan target utama mereka yaitu Masjidil Haram.
Akibat penggagalan aksi teror tersebut terdapat enam orang asing terluka dan lima korban lagi jadi dari anggota pasukan keamanan Kerajaan Arab Saudi.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: