Selamat Puasa, Inilah Sahur Cepat Tepat dan Akurat | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Selamat Puasa, Inilah Sahur Cepat Tepat dan Akurat

Setiap bulan ramadhan tidak terkecuali pada 2017 ini, tentunya makan sahur sangat dianjurkan bagi yang ingin beribadah puasa sejak waktu subuh, pagi hari hingga petang hari pada waktu mahgrib.

Sahur sangat dianjurkan dalam berpuasa karena ibadah puasa umat islam menurut anjuran nabi Muhammad salallahu alaihiwassalam.

Terkadang, waktu sahur telah dipersiapkan untuk malam pertama bulan ramadhan dengan tujuan supaya semangat menghadapinya.

Banyak yang melakukan persiapan sahur pertama ini dengan berbagai macam makanan yang disukai seleranya, agar keinginan makan di saat mata mengantuk dan dini hari tetap terjaga.

Menurut pakar kesehatan, melakukan sahur saat mata masih butuh istirahat dan cuaca malam yang cenderung dingin, ada baiknya mempersiapkan makanan jenis sup atau yang berkuah yang disajikan dalam keadaan panas.

Namun hindari memasak sup dengan terlalu banyak bawang dan rempah yang dapat meningkatkan asam lambung yang akan kurang baik bagi lambung di saat siang hari berpuasa.

Untuk minumannya, sangat dianjurkan segelas susu hangat dengan air putih secukupnya. Yang perlu sekali untuk dijaga adalah kapasitas lambung yang tidak perlu diisi sebanyak-banyaknya.

Jika lambung terlalu banyak menampung jenis makanan dan ditambah minuman, maka oksigen di dalam tubuh terutama pencernaan dan usus akan terganggu.

Sahur Cepat Tepat dan Akurat
Banyak riwat dalam anjuran islam melakukan sahur oleh nabi Muhammad dan para shabatnya diperlambat (tidak terlalu dini) ketika makan sahur. Begitu juga dengan anjuran segera berbuka pada waktunya dengan yang manis-manis.

Dalam islam, buah yang paling dikenal selain buah tin, kasturi, zaitun dan bijih jintan hitam adalah buah kurma. Sepertinya buah manis yang tinggi serat dan kandungan gula ini sangat mewakili anjuran nabi Muhammad dan para sahabat.

Ada baiknya selalu menyediakan kurma dan susu selama menjalankan ibadah sahur untuk puasa dalam satu bulan.

Banyak jurnal kesehatan yang telah menerbitkan baiknya mengkonsumsi kurma saat ingin berpuasa dan juga untuk berbuka puasa.

Kurma yang disukai oleh nabi Muhammad dalam riwat umat islam adalah jenis Tamr. Kurma jenis Tamr ini umumnya lebih besar dari jenis kurma lainnya. Tekstur daging kurma Tamr tidak halus dan juga tidak kasar. Kandungan airnya sedang dengan kondisi tidak terlalu kering.

Jika ingin sahur dengan waktu cepat, namun tepat di ujung waktu jelang subuh serta akurat dalam hal kesehatan tubuh, ada baiknya sedia kurma, susu dan roti tawar. Tiga bahan ini selain efisien juga dipastikan efektif untuk daya tahan tubuh menahan haus dan lapar saat puasa di siang hari selama hampir 12 jam. Selamat ibadah puasa.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: