Konsumsi Makanan Ini Agar Tidak Digigit Nyamuk Menurut Ahli | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Konsumsi Makanan Ini Agar Tidak Digigit Nyamuk Menurut Ahli



Sering nyamuk menggigit dan membuatnya jadi salah satu hewan jenis serangga yang menjengkelkan banyak orang. Selain membuat tubuh gatal-gatal dan bentol kemerahan, bahaya nyamuk paling ditakuti adalah penyakit demam berdarah yang berakibat kematian bagi manusia.

Salah satu hewan yang sangat menjengkelkan adalah nyamuk. Tak hanya bisa menggigit tubuh kita dan memicu bentol-bentol atau gatal-gatal, nyamuk juga bisa membawa beberapa penyakit yang berbahaya layaknya demam berdarah.

Biasanya, mengusir nyamuk dengan cara menggunakan obat nyamuk atau memakai losion yang bisa membuat mereka tidak tertarik untuk menggigit.

Namun, penggunaan obat nyamuk atau losion ini dikhawatirkan membuat bisa terpapar oleh bahan kimia. Lantas, apakah tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan agar tidak mudah tergigit nyamuk?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa andai kita mengkonsumsi makanan tertentu, maka tubuh akan memproduksi aroma yang ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Apa sajakah makanan yang bisa kita konsumsi agar tidak digigit nyamuk?

Bawang
Di dalam bawang merah dan bawang putih ternyata ada senyawa yang bernama allicin. Setelah kita mengkonsumsi bawang, senyawa allicin ini akan diproses oleh tubuh menjadi aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Tak hanya bawang, daun bawang disebut-sebut juga akan membuat tubuh kita memproduksi aroma yang juga dibenci oleh nyamuk.

Serai
Jika kita cermati, ada beberapa produk losion anti nyamuk yang memiliki kandungan serai. Hal ini berarti, andai kita mengkonsumsi serai, maka tubuh akan segera memproduksi aroma yang membuat nyamuk tidak mau dekat-dekat dengan kita. Serai ternyata memiliki kandungan citronella, kandungan minyak alami yang akan diolah tubuh menjadi aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Cabai dan paprika
Cabai dan paprika memiliki kandungan capsaicin yang bisa memberikan sensasi pedas dan panas saat kita konsumsi. Yang menarik adalah, efek panas dari capsaicin ini ternyata juga tidak disukai oleh nyamuk.

Tomat dan kacang
Tomat dan kacang-kacangan ternyata memiliki kandungan tiamin. Tubuh akan mengolah senyawa tiamin ini menjadi aroma yang ternyata tidak disukai oleh nyamuk sehingga kita pun tidak akan mudah digigit oleh serangga ini.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: