Ini Kata Dokter Jika Usai Sahur Langsung Tidur

forumriau.com 29.5.17
forumriau.com
Senin, 29 Mei 2017
Ibadah puasa bagi umat islam selalu harus bangun pada dini hari sekitar jam tiga, jam empat hingga datangnya waktu subuh untuk melakukan ibadah sahur.

Keadaan ini mengurangi waktu tidur dari hari biasa. Setelah sahur yang kegiatannya selalu makan dan minum untuk persiapan puasa siang harinya itu, tentu saja membuat perut terasa kenyang.

Kondisi perut kenyang setelah bersahur ini kerap membuat mata mengantuk dan ingin segera tidur, baik itu setelah ibadah solat subuh maupun sebelumnya. Jika langsung tidur setelah kenyang makan sahur, apakah baik bagi kesehatan tubuh?

Pakar kesehatan Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH yang merupakan konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan, kebiasaan langsung tidur setelah santap sahur ternyata bisa menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan dan menyebabkan gangguan kesehatan layaknya refluks asam lambung.

Meskipun terlihat sepele, jika refluks asam lambung ini dibiarkan begitu saja, bisa jadi hal ini akan berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius atau bahkan komplikasi.

Menurut dr. Ari, GERD atau gastroesophageal reflux disease ternyata termasuk dalam penyakit paling sering muncul di seluruh dunia.

Setidaknya 10 hingga 20 persen orang dewasa di muka bumi ini pernah mengalami penyakit ini. Bagi mereka yang berpuasa, masalah kesehatan ini bisa muncul karena banyak dari mereka yang kurang tidur namun tetap bangun untuk melakukan santap sahur.

Setelahnya, rasa kantuk pun akan melanda dan akhirnya mereka kembali tidur. Padahal, ada baiknya kita memberikan jeda sekitar dua jam antara waktu makan dan tidur.

Gejala dari penyakit GERD sendiri biasanya adalah sensasi terbakar pada dada yang disebut sebagai heartburn, peningkatan produksi air liur, masalah bau mulut, sakit telinga, serta nyeri pada dada.

Tak hanya itu, GERD juga bisa memicu suara serak, radang pada tenggorokan, hingga batuk kering kronis. Melihat betapa buruknya gejala dari masalah kesehatan ini, ada baiknya memang kita tidak lagi langsung tidur setelah makan sahur.(drsc)

Thanks for reading Ini Kata Dokter Jika Usai Sahur Langsung Tidur | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments