Ini Kata Dokter Cara Stop Cegukan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ini Kata Dokter Cara Stop Cegukan

Meskipun termasuk dalam kondisi kesehatan yang ringan, dalam realitanya cegukan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Cegukan memang bisa hilang dengan sendirinya dalam hitungan menit atau hitungan jam.

Namun, untuk mengatasi masalah cegukan dengan cepat, manakah yang lebih efektif, minunm air dingin atau menahan nafas?

Pakar kesehatan Roshini Rajapaksa yang merupakan dokter spesialis dalam yang berasal dari NYU Langone Medical Center di Amerika Serikat menyebutkan bahwa baik meminum air dingin atau berkumur-kumur dengan air ternyata mampu menstimulasi tenggorokan dan akhirnya menghentikan cegukan.

Namun, menahan nafas juga cukup efektif untuk mengatasi masalah ini pada sebagian orang.

Sebagai informasi, cegukan bisa terjadi karena bagian diafragma pada tubuh kita tiba-tiba saja mengalami kontraksi tiba-tiba atau dalam dunia medis disebut dengan spasme.

Karena spasme ini, tubuh akan secara tiba-tiba menghentikan proses pengambilan nafas yang akhirnya menutup pita suara. Hal inilah yang membuat kita mengalami cegukan.

Hanya saja, cegukan juga kerap kali terjadi karena masalah lain layaknya mengkonsumsi makanan yang memiliki ukuran terlalu besar, menyantap makanan dengan suhu yang ekstrim, cukup lama tidak minum air, hingga karena adanya masalah mental layaknya cemas atau stress.

Namun, ada baiknya kita mewaspadai cegukan yang disebabkan oleh adanya kerusakan saraf hingga adanya tumor pada bagian perut dan leher. Dalam kasus yang cukup langka, cegukan juga bisa disebabkan oleh gangguan pada hati.

Jika cegukan ternyata disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius pada organ hati, maka biasanya cegukan ini disertai dengan gejala mual-mual, lemas, hingga perut yang membengkak.

Dalam beberapa kasus, cegukan ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni hingga berhari-hari. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengatasinya.(drsc).

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: