Bunda, Ini Lho Gejala Miom Disertai Haid Menururt Ahli

forumriau.com 22.5.17
forumriau.com
Senin, 22 Mei 2017
Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa 20 hingga 30 persen wanita di seluruh dunia terkena masalah miom pada rahimnya.

Di Indonesia sendiri, setidaknya 2,39 hingga 11,7 persen pasien masalah ginekologi yang dirawat di rumah sakit ternyata menderita masalah miom ini.

Hal in berarti, kaum hawa cukup beresiko untuk terkena masalah kesehatan ini. Sebenarnya, seperti apakah yang dimaksud dengan penyakit miom atau juga yang disebut sebagai mioma rahim ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa miom ternyata adalah tumor jinak yang muncul pada otot polos rahim. Biasanya, tumor jinak ini memiliki ukuran tidak lebih dari 15 cm.

Hanya saja, dalam beberapa kasus yang jarang, tumor ini bisa berkembang hingga ukuran yang sangat besar. Tercatat, pernah ada miom yang mencapai 45 kg!

Salah satu tanda dari masalah miom yang sebaiknya diwaspadai oleh kaum hawa adalah haid yang terus-menerus tanpa henti atau dalam dunia medis disebut sebagai menoragia.

Menurut pakar kesehatan, 20 hingga 30 persen kasus haid yang tak kunjung berhenti memang disebabkan oleh miom, sisanya disebabkan oleh polip, endometriosis, dan masalah kesehatan lainnya.

Hingga sekarang, pakar kesehatan belum menemukan alasan mengapa miom bisa menyebabkan haid tidak kunjung berhenti.

Namun, ada teori yang menyebutkan bahwa miom bisa menurunkan kontraksi pada otot rahim, membuat permukaan dinding rahim menjadi semakin luas sekaligus membuat pembuluh darahnya melebar dan menyebabkan pendarahan terus-menerus.

Hanya saja, belum ada penelitian yang benar-benar secara pasti memastikan teori ini benar atau tidak.

Tak hanya haid yang tak kunjung berhenti, kaum hawa bisa merasakan efek buruk berupa tubuh yang semakin lemas. Selain itu, karena adanya tekanan dari tumor pada kantung kemih, kaum hawa juga kesulitan untuk menahan air kecilnya.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar bisa dipastikan apakah terkena masalah miom atau tidak.

Jika memang benar, diharapkan anda bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk mengobatinya sebelum menyebabkan gangguan kesuburan.(drsc)

Thanks for reading Bunda, Ini Lho Gejala Miom Disertai Haid Menururt Ahli | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments