Awas, Hacker Parasit Ini Tunggangi Akun Facebook dan Twitter | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Awas, Hacker Parasit Ini Tunggangi Akun Facebook dan Twitter


Beberapa waktu belakangan terjadi peretasan situs terhadap akun sosial sejumlah pengguna facebook. Selain itu, akun media sosial seperti twitter tak luput dari incaran pelaku. Madus pelaku menunggangi postingan dari sejumlah akun di media sosial baik facebook dan twitter dengan metode parasit.

FORUMRIAU.COM - Penelusuran redaksi, modus pelaku ini terkadang memakai foto dan akun palsu. Ia masuk hanya dengan harapan setiap link postingan pengguna facebook korban hackernya terdapat link halaman dia.

Dalam istilah ahli teknologi, kegiatan ini bagai sebuah parasit menumpang makan pada inangnya. Banyak korban tidak sadar atas tumpangan ilegal hacker dengan metode parasit ini.

Seperti akun Surya Koto mendapatkan parasit ini atas nama Richard Rex Bulaong. Selain link parasit menumpang di akun facebooknya, Surya Koto juga mendapatkan link parasit Richard ini di halaman facebook (FB Fanpage) Forum Riau.


Tujuan hacker :
Hacker ini bertujuan menumpang popularitas untuk dapat banyak Like atau Pageview di akunnya. Sayangnya, keahliannya malah digunakan untuk berharap pada akun  orang lain yang dinilainya banyak pengunjung karena aktif setiap hari.

Inilah alasan hacker sesungguhnya, supaya dia dapat Like atau Pageview walaupun ia tidak perlu aktif setiap hari. Dengan kata lain, hanya menumpang pada akun yang aktif setiap hari, ia dapat peluang untuk dapat Like profil dan fanpage mereka.

Cara mengetahui hacker :
  1. Periksa tampilan akun anda pada ponsel teman yang berkawan di facebook.
  2. Parasit penyusup ini akan terlihat di setiap link posting akun facebook setelah dilakukan klik oleh teman anda.
  3. Jika ditemukan, maka dipastikan akun facebook atau halaman fanpage yang anda kelola telah disusupi.
Cara mencegah dan membuangnya :
  1. Tukar kata sandi, dengan cara login kembali ke akun facebook anda dan gunakan setelan Masuk/Login dua tahap pakai nomor ponsel.
  2. Keluarkan semua akun anda dari perangkat lain.
  3. Tukar semua kata sandi aplikasi yang terhubung dengan akun anda.
  4. Periksa kembali postingan yang baru di HP lain yang berteman dengan anda di FB, untuk memastikannya tidak ditunggangi peretas itu.
  5. Hindari menggunakan aplikasi atau ikut aplikasi dan link yang tidak jelas kegunaannya yang biasanya meminta kesediaan data akun anda dilihatnya.
(*) redaksi forumriau.com

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: