Al Quran Tanpa Al Maidah Inilah Percetakannya

forumriau.com 27.5.17
forumriau.com
Sabtu, 27 Mei 2017
Percetakan al Quran yang paling fatal adalah kesalahan dalam hal produksi cetaknya. Jika melakukan kesalahan dalam hal mencetak saat produksi al Quran, dipastikan akan mengalami kerugian. Hal ini terjadi pada perusahaan percetakan al Quran yang kini diketahui publik.

FORUMRIAU.COM - Uniknya kesalahan cetak al Quran ini tidak adanya ayat 51 sampai dengan ayat 57 pada surat Al Maidah yang dicetak oleh percetakan bernama PT.Suara Agung Jakarta.

Atas temuan ini, Kementerian Agama memberikan teguran keras terhadap PT. Suara Agung Jakarta terkait produksi cetak Al Quran tanpa surat al Maidah, terutama ayat 51 sampai ayat 57 itu.

Pjs Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang-Diklat Kemenag Muchlis M Hanafi menyampaikan hal tersebut setelah mengetahui kebenaran hal tersebut. Menurutnya, LPMQ sudah meminta penjelasan kepada PT Suara Agung Jakarta.

"Penerbit mengakui adanya kesalahan yang tidak disengaja, dan telah mengambil langkah-langkah sesuai prosedur yang ditetapkan LPMQ," katanya, Kamis (25/5/2017).

Muchlis mengingatkan, para penerbit Alquran lebih berhati-hati agar kejadian serupa tidak terulang kembali. "Jangan sampai kepentingan bisnis berada di atas kesucian teks Alquran, sebab tidak jarang kesalahan terjadi karena keteledoran akibat kurangnya quality control," tegas Muchlis.

Kepada warga masyarakat, Muchlis menyampaikan, terima kasih atas laporan kesalahan cetak. Doktor Tafsir lulusan Al Azhar Kairo ini berharap kepada siapapun, bila menemukan kesalahan pada mushaf Alquran, baik cetak maupun elektronik (digital), agar segera dilaporkan kepada LPMQ.

"Kantor LPMQ di Gedung Bayt Alquran Taman Mini Indonesia Indah (TMII), telepon : 021-87798807, email: lpmajkt@kemenag.go.id," tuturnya dikutip republika.

Sebelumnya, beredar berita ditemukannya Mushaf Alquran tanpa Surat Al Maidah ayat 51 - 57. Kejadian bermula dari laporan KH. Basith, pengurus DKM Masjid Assifa desa Sukamaju Kecamatan Megamendung Bogor yang menemukan mushaf cetakan PT. Suara Agung pada Selasa, 23 Mei 2017. Informasi itu viral di media sosial sehari setelahnya.

Menyikapi itu, LPMQ Kemenag langsung menghubungi dan menyurati PT Suara Agung, penerbit mushaf yang diduga terdapat kesalahan.

Dalam suratnya Kepala LPMQ meminta penerbit tersebut untuk memeriksa sisa stok Alquran yang terdapat kesalahan tersebut untuk dimusnahkan.

Kemenag juga perintahkan agar mushaf yang sudah beredar dan terdapat kesalahan agar ditarik dari peredaran dan dimusnahkan.(*) | Sumber : kemenag.go.id | foto klikbontang : Muchlis M Hanafi 

Thanks for reading Al Quran Tanpa Al Maidah Inilah Percetakannya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments