Wah, Inilah Jenis Kopi Jadi Obat Kanker Prostat Menurut Ahli | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Wah, Inilah Jenis Kopi Jadi Obat Kanker Prostat Menurut Ahli

Kabar baik bagi pria pecandu kopi. Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul International Journal of Cancer menyebutkan, bahwa konsumsi kopi bukan sekedar menghilangkan rasa kantuk saat bekerja saja.

Lebih dari itu, rutin mengkonsumsi tiga cangkir kopi jenis espresso setiap hari akan menurunkan resiko kanker prostat dengan signifikan.

Dalam penelitian yang dilakukan di Molise, Italia, salah satu negara dimana budaya mengkonsumsi kopi sangatlah kuat, 7 ribu pria dilibatkan untuk diamati kebiasaan minum kopinya selama 4 tahun.

Tak hanya mencari tahu kebiasaan mengkonsumsi kopi ini, para peneliti pun juga mengaitkannya dengan kasus kanker prostat, salah satu kanker yang sangat ditakuti oleh kaum pria.

Hasil dari pengamatan ini kemudian diungkapkan oleh George Pounis, salah seorang peneliti yang terlibat dari Neuromed.

Beliau menyebutkan bahwa para pria dari Molise yang mengkonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi setiap harinya ternyata mampu menurunkan resiko terkena kanker prostat hingga 53 persen.

Tak hanya melakukan pengamatan pada kebiasaan mengkonsumsi kaum pria, para peneliti ternyata juga menguji ekstrak kopi pada laboratorium.

Ekstrak kopi yang kemudian dipisah menjadi yang memiliki kandungan kafein dan yang tidak memiliki kandungan kafein ini kemudian dikenakan pada sel-sel kanker prostat.

Hasilnya adalah, efek penurunan perkembangan sel kanker prostat hanya terjadi pada ekstrak kopi yang memiliki kandungan kafein.

Apakah konsumsi tiga cangkir kopi dalam sehari tidak terlalu berlebihan demi mencegah datangnya kanker prostat?

Pakar kesehatan menunjukkan adanya hasil penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa konsumsi 4 cangkir kopi setiap hari ternyata masih aman bagi orang dewasa dengan kondisi sehat.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: