Stop Rokok Dengan Buah 'Tua' yang Mudah Dijumpai Ini | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Stop Rokok Dengan Buah 'Tua' yang Mudah Dijumpai Ini

Kekayaan alam Indonesia salah satunya tumbuhan yang banyak manfaatnya. Salah satunya buah yang dinilai sebagian masyarakat sebagai buah Tua. Gelar buah Tua ini selain karena telah dikenal sejak jaman nenek moyang, buah ini juga kerap jadi kegemaran orang tua-tua di tengah masyarakat. Ia adalah buah pinang yang terkenal sebagai buah adat dan tradisi di Indonesia.

Meskipun jumlah penggunaannya semakin menurun, kita masih bisa melihat beberapa lansia yang menggunakan buah pinang sebagai penguat gigi tradisional.

Tak disangka, buah pinang ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya, khususnya bagi para pecandu rokok.

Sebuah penelitian kesehatan baru-baru ini mengungkapkan fakta menarik tentang buah pinang yang ternyata bisa digunakan untuk menghentikan kecanduan merokok. Apa yang bisa kita lakukan dengan buah pinang ini?

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul National Meeting and Exposition of the American Chemical Society, diketahui bahwa buah pinang yang memiliki nama latin areca catechu ini ternyata mampu menurunkan kebiasaan merokok secara berkala dengan cukup efektif jika dibandingkan dengan berbagai pengobatan medis lainnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa arecoline di dalam buah pinang yang ternyata memang mampu menurunkan keinginan atau rasa candu untuk merokok. Senyawa ini ternyata mampu menstimulasi reseptor pada otak yang sebelumnya mengalami ketagihan pada nikotin.

Hal ini berarti, dengan menggunakan buah pinang, maka kita bisa menurunkan ketergantungan pada nikotin dengan efektif.

Pemimpin penelitian, Roger Papke, menyebutkan bahwa senyawa ini secara spesifik mampu menargetkan reseptor nikotin saja dan tidak akan mengganggu reseptor lainnya sehingga tidak akan memberikan efek samping bagi kesehatan.

Hal ini sangatlah berbeda dengan obat-obatan yang mampu mengatasi kecanduan nikotin lainnya layaknya varenicline atau Chantix yang bisa memberikan efek halusinasi, berjalan saat tidur, atau bahkan peningkatan resiko terkena penyakit jantung. Dalam beberapa kasus, obat-obatan ini juga bisa mampu memicu perubahan mood atau depresi.

Para peneliti sendiri sedang melakukan ujicoba lebih mendalam pada kandungan buah pinang ini dengan harapan bisa segera menemukan obat yang bisa menghilangkan kecanduan rokok dengan efektif di masa depan.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: