Mengenal At Tabrani Masjid Pendidikan di Riau | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Mengenal At Tabrani Masjid Pendidikan di Riau

Diresmikan At Tabrani Islamic Center terletak di jantung kota Pekanbaru, jadi salah satu kebanggaan masyarakat, Riau. Hadir di tengah kota menambah nuansa islami, resmi dibuka Jum'at pagi 7/4/2017 bertempat di jalan Bhakti gugusan jalan Arifin Achmad dan jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

FORUMRIAU.COM : Hadir dalam kesempatan tersebut, Kanwil Propinsi Riau, Drs.H.Ahmad Supardi.MA, Wakil Sekretaris MUI Pusat KH.Tengku Zulkarnaen,Tokoh Muhamadiyah Riau Wan Abubakar, Ketua TIC, Ustadz Andree M.A

Dalam kesempatan tersebut Andree mengungkapkan kepada awak media, pembangunan masjid ini sudah mulai digesa pada bulan April tahun 2015 lalu. Mesjid ini dibangun di lahan seluas 5 hektar dan memiliki ukuran sekitar 1.600 m², dimana daya tampungnya mencapai 1.100 orang jamaah.

Melalui Yayasan Abdurrab kegiatan peresmian mesjid At Tabanan ini akan menjadi salah satu sentral rujukan pendidikan, kajian, dan pemberdayaan umat islam, khususnya masyarakat muslim kota Pekanbaru, Riau.

Selanjutnya, selain mesjid At Tabrani selaku bangunan utama, telah dibangun SMP dan SMA Abdurrab yang berbasis Islamic Boarding School, komplek asrama, dan komplek guru yang dibangun di satu lahan dengan masjid.

"Tak hanya itu, ke depan, di kawasan mesjid At Tabrani juga akan dibangun business centre, convention hall, At Tabrani Islamic Business School, serta asrama mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab yang mana keseluruhannya berada dalam naungan Yayasan Abdurrab,
"ungkap Andree.

Ditambahkan Andre Masjid At Tabrani pun memiliki beberapa ornamen dan corak klasik khas melayu yang terinspirasi dari arsitektur Andalusia.

"Mudah-mudahan keberadaan masjid ini dapat menjadi salah satu sarana pemersatu umat. Untuk mendukung hal tersebut, ada beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan, mulai dari kajian ilmu pembelajaran Alqur'an, kajian islam seperti filsafat, islamisasi sains, dan ilmu-ilmu kontemporer, serta kajian islam implementatif," jelasnya.

Untuk itu dikatakan Andree, dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak lainnya, seperti dengan Indonesian Alqur'an Community (IAC) Bandung di bawah pimpinan Syekh Khanova Maulana, pemilik sanad Alqur'an tertinggi di Indonesia, dengan 20 jalur periwayatan qiroah Asyrah.

Tak hanya itu, kerjasama juga melibatkan Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization (INSISTS) Jakarta yang merupakan perhimpunan para pakar kajian islam yang telah belasan tahun konsisten melakukan riset, publikasi, dan pendidikan.

Serta dengan Rumah Fiqih Indonesia Jakarta di bawah pimpinan Ustadz Ahmad Sarwat selaku pakar dan konsultan nasional bidang fiqih dalam melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan konsultasi.
Dalam rangkaian peresmian masjid, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh pihak yayasan.

(red)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: