Inilah Alasan Miripnya Wajah Pasangan Setelah Menikah Menurut Peneliti | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Inilah Alasan Miripnya Wajah Pasangan Setelah Menikah Menurut Peneliti

Di Indonesia, banyak yang percaya jika mereka yang punya wajah mirip akan cenderung berjodoh. Kenyataannya cukup banyak pasangan menikah yang memang memiliki wajahnya mirip sebagai pasangan suami-isteri. Apakah ada alasan kesehatan secara medis mengapa hal ini terjadi?

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul PLOS Genetics berhasil mengungkapkan alasan, mengapa dua orang yang sudah menikah menjadi cenderung mirip.

Menurut penelitian ini, manusia ternyata memiliki kecenderungan untuk menikahi dengan ras atau nenek moyang yang sama.

Pakar kesehatan Dr. Ronnie Sebro yang berasal dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat, dan juga Josee Dupuis, seorang penulis senior yang berasal dari Boston Unviersity School of Public Health, serta Neil Risch dari University of California menyebutkan, hal ini ternyata berperan besar dalam genetika suatu populasi di berbagai belahan dunia.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan memperhatikan genom pada 879 pasangan yang sudah menikah dari tiga generasi di kota Framingham, Massachusetts, Amerika Serikat.

Hasilnya adalah, para pasangan ini ternyata cenderung menikah dengan orang yang berasal dari komunitasnya sendiri. Setelah ditelusuri sejarah keluarga para pasangan ini, diketahui bahwa para pasangan ini ternyata cenderung berasal dari nenek moyang yang sama.

Mengingat banyak orang yang tertarik dengan orang lain yang cenderung mirip atau yang berasal dari satu komunitas, maka hal ini akan membuat struktur genetik yang cenderung serupa dalam sebuah populasi.

Menurut para peneliti, sebagai contoh, nenek moyang masyarakat dari Eropa Utara, Eropa Selatan dan area Ashkenazi memiliki kecenderungan memilih pasangan dari komunitas yang sama.

Hanya saja, seiring dengan perkembangan jaman dan banyaknya orang yang bermigrasi ke tempat atau negara lain, maka kini generasi manusia terbaru memiliki kemungkinan lebih besar untuk menemukan jodoh dari lingkungan, komunitas, atau nenek moyang yang berbeda yang tentu cenderung tidak lagi mirip.(drsc) foto : vonvon.me/app

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: