18 Tahun Diteliti, Malas Gosok Gigi Picu Kepikunan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

18 Tahun Diteliti, Malas Gosok Gigi Picu Kepikunan

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, pakar kesehatan menyarankan untuk rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur. Jika malas melakukannya, maka dikhawatirkan gigi akan dipenuhi dengan plak dan sisa makanan yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan gigi.

Bahkan sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan, dimana jika kita malas menyikat gigi, maka kita terancam lebih mudah pikun. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Penelitian yang dilakukan selama 18 tahun dan melibatkan lebih dari 5.400 partisipan ini menyebutkan jika mereka yang malas menyikat giginya ternyata akan lebih beresiko tinggi terkena demensia.

Sebagai informasi, demensia bisa semakin berkembang seiring dengan bertambahnya usia dan jika hal ini terjadi, saat berusia lanjut, maka penderitanya pun akan lebih mudah lupa atau pikun.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Menurut pakar kesehatan, mulut adalah salah satu gerbang utama bagi banyak benda, termasuk kuman dan bakteri, untuk memasuki tubuh kita. Andai kita malas membersihkan gigi, maka area mulut bisa menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri tersebut untuk berkembang biak.

Mengingat malas membersihkan gigi bisa memicu masalah kesehatan gigi atau bahkan pendarahan, maka bakteri dan kuman tersebut bisa memasuki aliran darah dan pada akhirnya menyebar ke berbagai organ dalam layaknya paru-paru, jantung, atau bahkan otak. Jika hal ini terjadi, maka bakteri pun bisa memicu kelainan otak atau menyebabkan demensia.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of American Dental Association ini juga menyebutkan bahwa mereka yang malas menyikat giginya, maka di hari tuanya akan lebih mudah kehilangan giginya atau mengalami masalah gigi ompong. Tak hanya pikun, mereka juga akan kesulitan untuk menikmati berbagai makanan lezat di hari tua.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: