5 Hal Penting Untuk Vagina Setelah Hubungan Intim

forumriau.com 9.11.16
forumriau.com
Rabu, 09 November 2016
Apa yang dilakukan oleh wanita setelah berhubungan intim dengan pasangannya? Segera tidur atau malah langsung membersihkan badan? Setiap wanita memang memiliki kebiasaan sendiri-sendiri setelah melakukan hubungan intim.

Namun, pakar kesehatan menyarankan agar wanita tidak melakukan berbagai hal yang berpotensi bisa membuat organ vitalnya cedera setelah berhubungan intim.

Hal ini dikarenakan setelah berhubungan intim, ada perubahan pada jaringan vagina yang membuatnya lebih rentan terkena infeksi. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh wanita setelah berhubungan intim?

Jangan mengelap vagina dengan tissue
Berbagai cairan pada area vagina setelah berhubungan intim ternyata sebaiknya tidak dibersihkan dengan tisu karena dikhawatirkan bisa memicu iritasi, kemerahan, gatal-gatal, atau bahkan pembengkakan.

Lebih baik gunakan campuran satu liter air dan satu sendok teh cuka yang kemudian diteteskan pada kain sebagai pembersih vagina secara perlahan. Campuran ini diyakini mampu menjaga kadar keasaman alami area vagina.

Segera buang air kecil
Pakar kesehatan dan kandungan bernama Robert Wool, M.D, menyebutkan jika penetrasi saat berhubungan intim akan membuat banyak bakteri terdorong oleh penis menuju bagian kandung kemih.

Andai bakteri ini tidak segera dikeluarkan dengan buang air kecil, maka dikhawatirkan bakteri-bakteri ini bisa menyebabkan infeksi kandung kemih. Selain itu, pastikan bahwa saat membersihkan vagina, siramlah air dari arah depan ke belakang agar tidak terjadi penyebaran bakteri atau kotoran dari area dubur menuju vagina yang bisa menyebabkan penyakit vagina.

Jangan menggunakan sabun
Beberapa wanita akan segera memakai sabun untuk digosok-gosokkan pada vagina dengan tujuan membersihkannya. Sayangnya, sabun bisa memicu alergi, iritasi, hingga masalah vagina kering. Alih-alih memakai sabun, gunakan saja air mengalir yang bersih.

Jangan berendam dengan air hangat
Berendam air hangat setelah bercinta mungkin terasa sangat menenangkan. Sayangnya, kondisi jaringan vagina yang masih cukup terbuka akan menyebabkan resiko terkena bakteri yang masuk dan memicu infeksi pun menjadi lebih besar.

Jangan tidur dengan memakai lingerie
Kebanyakan lingerie terbuat dari bahan nilon atau polyester yang akan meningkatkan resiko infeksi jamur pada tubuh wanita.

Apalagi dengan fakta bahwa setelah berhubungan intim, wanita cenderung lebih lembab karena banyak mengeluarkan keringat hingga penuh dengan cairan organ vital yang tentu bisa memicu munculnya jamur.(drsc)

Thanks for reading 5 Hal Penting Untuk Vagina Setelah Hubungan Intim | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments