Jokowi Kurban Sapi 1,5 Ton Terberat di Indonesia | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Jokowi Kurban Sapi 1,5 Ton Terberat di Indonesia

Sapi terberat yang pernah ada di Indonesia pada perayaan Idul Adha 1437 H/2016 M ini rupanya kurban presiden Joko Widodo ke masjid Istiqlal. Sapi ini berjenis Limosin hasil kawin silang sapi Ongole dan sapi Brahman.

FORUMRIAU.COM: Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, mengungkapkan sapi limosin berwarna putih yang dikurbankan Jokowi ini merupakan sapi terbesar di Indonesia.

"Itu sapi paling besar di Indonesia. Sapi limosin yang bagus rata-rata beratnya 1 ton. Kalau sapi lokal bertanya rata-rata cuma 500-600 kilogram (kg)," kata Agung kepada detikFinance, di Jakarta, Senin (12/9/2016).

Meski bibitnya impor, sapi ini sudah diternakan di Indonesia sejak lahir. "Kita kembangkan di sini. Kita gemukan dengan pakan lokal di sini, beratnya bisa sampai 1,5 ton," ucapnya.

Harga sapi kurban Jokowi itu sekitar Rp 50.000-55.000/kg bobot hidup. "Harganya kira-kira Rp 70 juta yang dibeli Pak Jokowi itu," Agung mengungkapkan.

Sapi limosin telah dikembangbiakkan oleh Kementan di berbagai sentra seperti Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

"Mudah-mudahan dengan pengembangbiakan sapi limosin, kita bisa mempercepat swasembada daging sapi. Pak Jokowi kan menargetkan swasembada dalam 9 tahun," tutupnya.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: