Stop Diabetes, Ini Cara Olah Brotowali Menurut Dokter

forumriau.com 3.8.16
forumriau.com
Rabu, 03 Agustus 2016
Tumbuhan yang merambat ini luar biasa khasiatnya untuk obat diabetes. Selain mudah untuk mendapatkannya, daun brotowali juga dianjurkan mengolahnya dengan baik untuk mencegah penyakit diabetes.

FORUMRIAU.COM: Diabetes melitus belakangan ini di tanah air terus meningkat. Sejumlah tanaman obat memiliki efek seperti insulin dalam tubuh manusia. Tanaman tersebut menurunkan gula darah yang berlebihan pada penderita diabetes. 

Dipadu dengan pola makan dan olah raga, herbal ini bisa dikonsumsi sesudah makan untuk mengendalikan kadar gula darah.

“Salah satu sebabnya adalah mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Berapa banyak pun beras diproduksi di Indonesia, pasti akan habis. Seharusnya kita mengurangi karbohidrat,” ujar Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami, Departemen Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Indonesia.

Tanaman obat pun bisa dikonsumsi untuk membantu mengendalikan gula darah.

“Obat herbal itu bekerja seperti insulin. Tanaman herbal ini bisa digunakan dalam jangka panjang tanpa efek samping berarti,” imbuhnya.

“Tanaman obat itu berfungsi konstruktif, yaitu membangun kembali jaringan-jaringan yang rusak serta menyembuhkan komplikasi,” ujar Dr. Prapti Utami, dokter yang mendalami tanaman obat. 

Menurutnya, obat herbal bekerja menurunkan gula darah dengan mekanisme menghambat penyerapan gula berkat kadar seratnya yang tinggi.

Tanaman seperti pare dan brotowali akan bekerja memperbaiki sel beta pankreas. 

“Ada juga yang merangsang sel beta pankreas untuk memproduksi insulin yang mengendalikan gula darah,” ujar Dr. Prapti.

Untuk diabetes yang harus mengonsumsi obat dari dokter agar gula darahnya terkendali, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi tanaman obat. 

“Perlu jarak waktu antara minum obat dan minum tanaman obat,” kata Prof. Sumali.

Brotowali
Efek: Farmakologi 
Analgesik: (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas)
Cara Penggunaan:
6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.(*)

sumber:tribunews

Thanks for reading Stop Diabetes, Ini Cara Olah Brotowali Menurut Dokter | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments