Benarkah Sakit Gigi Bisa Jadi Penyebab Bayi Prematur?

forumriau.com 26.7.16
forumriau.com
Selasa, 26 Juli 2016
Penyakit gigi menjadi salah satu hal yang sangat menyiksa sebagian orang. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini tidak mengenal siapa saja yang bisa diserang. Dalam beberapa kasus, ibu hamil juga bisa mengalami infeksi gigi atau gusi yang tentu sangat menyakitkan.

Tak hanya mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, infeksi gigi dan gusi ini ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan kehamilan. Dalam beberapa kasus, masalah infeksi gigi ini bahkan bisa menyebabkan kelahiran bayi yang prematur.

Pakar kesehatan dr. Boy Adikin SpOG(K) yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta menyebutkan, ibu hamil yang mengalami infeksi gigi dan gusi akan meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah 2,8 kali lebih besar dari biasanya.

Hal ini dikarenakan ibu hamil yang terkena infeksi gigi juga akan mengalami pelebaran atau pelunakan pada pembuluh darahnya. Sehingga akan memicu perubahan hormon dan juga menurunkan kadar hemoglobin darah pada ibu hamil.

Hasilnya? Kelahiran prematur pun sangat mungkin terjadi.

Yang menjadi masalah adalah, saat infeksi gigi dan gusi terjadi dan menyebabkan rasa sakit, banyak ibu hamil yang ketakutan untuk membersihkan giginya karena khawatir akan membuat gigi atau gusi berdarah. Sehingga penggunaan sikat gigi pun menurun frekuensinya.

Jika hal ini dibiarkan, penderahan pada gusi sangat beresiko menyebabkan infeksi bakteri dan berbagai macam penyakit berbahaya.

Karena adanya fakta ini, dr. Boy Adikin pun menyarankan ibu hamil untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi dan gusinya selama masa kehamilan sehingga mencegah masalah infeksi gigi.

Rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur hingga rutin memeriksakan kesehatan gigi bisa mencegah hal ini terjadi. Selain itu, perhatikan jika ada karang gigi yang muncul karena karang gigi inilah yang bisa memicu pendarahan dan infeksi pada gigi.(drsc)

Thanks for reading Benarkah Sakit Gigi Bisa Jadi Penyebab Bayi Prematur? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments