Inilah 7 Amalan Nabi SAW Setiap Hari, Dahsyat Jika Dilakukan.... | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Inilah 7 Amalan Nabi SAW Setiap Hari, Dahsyat Jika Dilakukan....

Inilah 7 Amalan Nabi SAW Setiap Hari, Dahsyat Jika Dilakukan....
Tahukah anda...., dari ribuan sunnah Nabi Muhammad SAW, para ulama sepakat ada 7 amalan umum dan dilakukan nabi setiap harinya. Amalan tersebut sangat mudah dilakukan umat Islam jika punya niat dan berusaha memenuhinya dalam 24 jam sehari semalam.

Amalan Pertama yang dilakuan Nabi Muhammad SAW tiap malam adalah Sholat Tahajud. Sholah yang lebih dikenal dengan Qiyamulai atau sholat malam ini sangat banyak manfaatnya.

Banyak hadis dan Ayat Alquran menerangkan manfaat sholat malam ini. Bagi anda yang ingin melakukan harus ada kiat agar mudah bangun di sepertiga malam. Siapkanlah diri untuk tidur lebih cepat agar segar bangun untuk tahajud.

Selalulah berniat tahajud setiap mau tidur malam. Manfaatkanlah alaram jam dan handphone anda. Jika anda terbangun, usai sholat dua rakaat, bangunlanlah istri/suami anda untuk juga sholat tahajud.

Amalan Kedua adalah Baca Al Quran. Nabi selalu baca Al Quran setiap hari. Ulama menganjurkan setidaknya punya target khatam Quran dalam satu bulan yang artinya satu juz dalam sehari. Setidaknya anda harus baca Quran paling tidak satu ayat dimulai setiap hari.
 
Ketiga amalan yang setiap hari dilakukan Nabi SAW adalah Sholat Dhuha. Ulama menyampaikan sesuai hadits Nabi SAW, jika sholat duha dilakukan 4 rakaat di setiap hari, maka Alloh SWT mencukupkan kebutuhannya selama hidup.

Amalan rutin keempat Nabi SAW adalah sholat tepat waktu berjamaah di Masjid. Tentulah tidak asing lagi bagi kita soal keutamaan sholat 5 waktu berjamaah di masjid.

Berikutnya amalan Nabi SAW yang kelima adalah selalu Bersedekah. Banyak riwayat hadits mangatakan jenis dan tata cara bersedekah. Bahkan sahabat nabi yang miskin tidak punya harta apapun bisa bersedekah dengan membaca astaughfirullah, alhamdulillah dan Allahuakbar 33 X setiap usai sholat dihitung sedekah.

Keenam, ini amalan yang paling mudah anda lakukan hanya dengan Istiqhfar. Anda dapat lakukan tanpa mengenal waktu dan tempat. Amalan termasuk dzikir ini dapat anda lakukan di dalam hati setiap saat. Jika anda mengkhususkan waktunya, perlu anda tahu, Nabi SAW beristighfar 70-100 kali sehari (riwayat hadits).

Amalan umum terakhir yang ketujuh adalah Menjaga Wudhu dan Memperbahuruinya. Menjaga wudhu ini sangatlah mudah. Dan memperbaruinya dengan arti jika anda masih dalam keadaan wudhu dan ketika datang waktu sholat anda kembali berwudhu.

Itulah 7 amalan yang selalu dilakukan Nabi Muhammad SAW secara umum setiap harinya. Mulailah bertahap dan menjadi kebiasaan setiap harinya. Semoga keutamaannya dapat anda rasakan dunia akhirat. Amin*** Berbagai Sumber. Editor: Surya Koto

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: