Dahsyat..Lima Persen Dari APBD Riau Harus Dialokasikan Untuk Bencana Asap | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Dahsyat..Lima Persen Dari APBD Riau Harus Dialokasikan Untuk Bencana Asap



Jika Rp.11 triliun APBDP Riau tahun ini disetujui, maka dana bencana untuk Karlahut diminta sebanyak 5 persen dari totalnya. Dengan kata lain, jumlah dana penanggulangan bencana itu akan mencapai Rp.560 miliar. Porsentase itu juga diminta dalam tiap tahun anggaran daerah.

FORUMRIAU.COM: Nilai itu diminta oleh Pansus Karlahut DPRD Riau kepada Pemprov Riau sesuai hasil kesepakatan usulan rapat Pansus Karlahut baru-baru ini. Kata Ketua Pansus Karlahut M Arpah usulan itu juga merekomendasikan semua SKPD terkait membuat program bencana alam.

"Masing-masing dinas atau SKPD terkait  diharap punya program penanggulangan bencana alam. Ada 3 macam penanggulangan bencana alam, pra bencana, bencana dan pasca bencana,"tambah anggota Pansus Karlahut Syamsurizal.

Pra bencana merupakan mitigasi dan perencanan, anggarannya siap siaga dialokasikan ke setiap perangkat kerja yang punya program.

"Salah satu program yang harus segera dilakukan adalah merealisasikan kanal blok. Pengelolaan kanal blok terbukti dapat mencegah, mengurangi dan menekan kebakaran hutan di area gambut,"kata ketua Pansus Karlahut, M Arpah usai hearing bersama Satuan Perangkat Kerja (SKPD) Pemprov Riau di ruang medium gedung DPRD Riau, Jumat 6/11/2015.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perkebunan Riau Muhibul Basyar menyatakan program kanal blok sudah dibuat senilai Rp.200 miliar oleh dinasnya.

"Jika dapat anggarannya kita bisa lakukan tahun ini atau tahun depan. Yang kami lakukan hanya jelas payung hukumnya,"tutup Muhibul.(Frc/SK)***

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: