Inilah Awal Cerita Bupati Rohul Diperiksa Polda Soal Panen Sawit | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Inilah Awal Cerita Bupati Rohul Diperiksa Polda Soal Panen Sawit



Bupati Rokan Hulu Achmad akhirnya diperiksa juga oleh Polda Riau. Bahkan, pemeriksaan semakin diintensifkan dan telah dijadwalkan untuk kedua kalinya.

FORUMRIAU.COM: Pemeriksaan Achmad sebagai terlapor bermula dari perseteruan dua perusahaan sawit di Kabupaten Rohul. Inilah awalnya menjurus pada keterlibatan Bupati Rohul Achmad. Perseteruan panen dengan pola KKPA itu saling membuka latar belakang hak panennya di lahan seluas 300 Ha.

Lahan itu secara hak alas, telah dimiliki oleh PT Budi Murni Panca Jaya (BMPJ) dengan sertifikat SKGR, dibeli dari H. Julia Deni, tahun 2007. Pada 2008, penanaman sudah dilakukan. Masa panen sejak 2012 telah berjalan lancar. Tiba-tiba, pada 3 Februari sampai 26 Februari 2014 dilakukan panen oleh pekerja PT AMR.

Mereka melakukan panen atas nama kerjasama KKPA Koperasi Sawit Timur Jaya dan izin pengelolaan hasil panen itu dari Bupati Rohul Achmad. Hal itu terungkap pada hearing bersama Komisi A DPRD Riau dengan dua perusahaan tersebut serta pihak terkait di ruang mediaum DPRD Riau, Rabu 5/3/2014 silam.

Heriyanti Hasan SH wakil PT AMR pada pertemuan itu mengungkapkan alasan PT AMR panen berdasarkan kerjasama KKPA dengan Koperasi Sawit Timur Jaya yang diizinkan oleh Bupati Rohul Achmad.

"Karena kami punya kerjasama KKPA bersama Koperasi Sawit Timur Jaya. Kami tidak lakukan panen paksa, kami juga dapat arahan dari Direkrimum Polda Riau, diberitahukan tanggal panen,"kata Heriyanti.

Namun, merasa kebunnya dikuasi pihak lain, pemilik lahan PT BMPJ melaporkan panen PT AMR itu ke Polres Rohul. Saat itu, Polres Rohul telah menjadikan Direktur PT AMR sebagai tersangka dan dua pekerja PT.AMR yang panen ditahan di Polres Rohul.

"Kita proses sesuai laporan yang masuk. Sedangkan soal status lahan, pengadilan yang menentukan,"kata Kapolres Rohul Onny. Terpisah, Kuasa Hukum PT BMPJ , Aswin SH dan Partner, 16/2/2015 kepada forumriau.com menyatakan punya data lengkap dalam laporannya. Dokumentasi berupa poto dan surat-surat lengkap. Sehingga, laporan ke Polda Riau dapat menjerat pelaku, termasuk Bupati Rohul, Achmad.(Frc/470*)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: