Apdesi Meranti Komit Dukung Pemerintah Cegah Karhutla, Plt Bupati: Mari Kita Saling Bahu Membahu

forumriau.com 12.5.23
forumriau.com
Jumat, 12 Mei 2023


FORUMRIAU COM - MERANTI- Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi), Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau berkomitmen mendukung pemerintah dalam mencegah terjadinya Kebakaran dan Hutan (Karhutla). Mereka sepakat, pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini sudah menjadi tanggung jawab bersama.

Toha, Ketua Apdesi Kabupaten Kepulauan Meranti saat melakukan pertemuan dengan Dinas Pemerintahan Desa, Rabu (10/05/2023) mengatakan, pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam melakukan pencegahan dan juga penanggulangan Karhutla. Menurutnya setiap elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan di tingkat paling bawah juga harus bahu-membahu dalam menanggulangi bencana tersebut.

Sebagai wilayah yang rawan Karhutla, desa harus bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan juga masyarakat peduli api (MPA). "Saya juga menghimbau seluruh kepala desa yang wilayahnya sering terjadi Karhutla agar mengajak warganya masing-masing untuk tidak membuka kebun dan ladang dengan cara membakar," ujar Toha.

Toha pun meminta semua kepala desa agar tetap waspada dengan ancaman Karhutla meskipun curah hujan masih kerap terjadi.

Untuk mensukseskan Riau Bebas Asap, kerjasama dengan stake holder terkait sangat diperlukan.

"Koordinasi dengan TNI-Polri BPBD dan juga perusahaan harus tetap terjaga dan ditingkatkan lagi untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar mendukung penuh dan akan mengarahkan Apdesi dan seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan pencegahan karhutla.

"Mari kita bahu membahu untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, " Tutupnya.

Thanks for reading Apdesi Meranti Komit Dukung Pemerintah Cegah Karhutla, Plt Bupati: Mari Kita Saling Bahu Membahu | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments