Pisah Sambut Pimpinan Universitas Riau

Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

SDN 181 Pekanbaru, Gelar Pentas Seni Budaya, Bazar UMKM Sekaligus Peresmian Pondok Literasi Bulang Linggi

forumriau.com 3.12.22
forumriau.com
Sabtu, 03 Desember 2022


FORUMRIAU.COM - PEKANBARU,  Sekolah Dasar Negeri ( SDN )181 Pekanbaru ,  Menggelar pentas Seni Budaya yang menampilkan budaya dan kesenian daerah khas setempat.

Hadir Pj. Walikota Pekanbaru, Muflihun, diwakili Sekretaris Kesbang Pol Kota Pekanbaru, Zamzami sekaligus membuka Kegiatan acara di sekolah itu, Sabtu, 2/12/2022, bertempat halaman SDN 181, Turut hadir juga Lurah Tua Madani Edy Wardilla, S. Pd,. M. Pd, Kepala Sekolah SDN 181, Nurhasanah S. Pdi, Babinkamtibnas, Ali Bakri, dan perwakilan kepala sekolah, Komite Komite Kelas, Tokoh Masyarakat Syariful Amri Purba SH, Ketua Panitia, Ali Nur dan Seluruh orang tua yang hadir.

Kepala Sekolah, Nurhasanah disela sela acara menjelaskan dihadapan awak media " Ucapan terima kasih kepada awak Media, Telah Hadir di pembukaan acara perdananya, PENSI ( Pencak Seni ) dalam rangka mengembangkan bakat siswa, dibidang pengetahuan maupun yang lainnnya ". Terang bu Kepsek

" Terutama yang ditampilkan, Kurikulum Merdeka, didalam pelaksanaan kurikulum Merdeka, Pihak Sekolah harus berkaloborasi dengan Wali Murid, Untuk Kelancaran Belajar anaknya ( Putra / Putri ) ".

" Ya, Jadi disini kami menampilkan, Karya Seni Untuk Tarian dari beberapa Daerah, Namun di kelas IV, Khusus tarian di daerah riau, dan kelas lain mendukung dari daerah daerah berbeda,   Sementara Kelas 1, Temanya Kewirausahaan, Intinya untuk mengajar Siswa bagaimana mereka kedepannya memilih arah, Sehingga dari dini kami membimbing dan mengarahkan kepada Siswa Siswi dari kelas I, Untuk mengeluarkan bakat bakatnya, Supaya terus diasah". Ujar Buk Nurhasanah

Pentas seni yang ditampilkan murid-murid sekolah dasar, Drum Band, dilanjutkan dengan Tari Persembahan merupakan salah satu kesenian khas Riau, Berupa Seni bertutur diiringi bunyi alat musik., kembali dijelaskan buk Nur

Ia mengatakan, proses pendidikan bagi anak usia sekolah bukan hanya bertujuan memajukan budi pekerti yang meliputi karakter dan kekuatan batin maupun pikiran atau intelektual dan jasmani anak-anak.

Namun, juga harus mampu meningkatkan minat dan bakat anak-anak terhadap kesenian terutama kesenian daerah sehingga bisa menjadi generasi penerus yang mampu menjaga dan mengembangkan seni dan budaya daerah.

"Melalui minat dan bakat berkesenian yang diasah sejak usia dini membuat anak-anak bisa mengembangkan kreativitasnya dan diharapkan mampu menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah," katanya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan murid SDN 181 itu didukung penuh dewan guru itu diharapkan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain, sehingga seni dan budaya daerah lebih dikenal sejak usia dini.

"Harapan kami, pentas seni dan budaya ini bukan hanya dilakukan SDN 181 ini aja, tetapi dicontoh sekolah lain sehingga bisa melahirkan calon-calon pelaku seni yang berpotensi dan berprestasi," ujarnya.

Jenis kegiatan, Tari, menampi beras, ditampilkan kelas IV A, Tari Joget berlibur, Kelas IV B, Tari Seberapa 12, Kelas IV C, Tari Wonderland Indonesia, Kelas IV D, Puisi Jebat dibawa Oleh Hayatul Khairiyah, Tari Manuk Dadali Kelas III A, Tari Rentan Bulian Kelas III B, Tari Zapin Melayu Kleas III D, Berpalas Pantun Syair Gurindam, Mata Pelajaran BMR, Tari Manuk Dadali Kleas 5 A, Tari menanam jagung,Kelas 5 B, drama Musikal dan Tari Nirmala dari lokal VI B, Tari Wonderland Indonesia Kelas VI A, Tari Sajojo Kelas 5 C, Tari Zapin, Kelas 5B, Cerita rakyat Singapura Dilanggar Todak, BMR, Pantomim, Kelas 5 B, Tari Saman, Kelas 6 C, Tarian Tor Tor, Kelas VI D.

Selain dari PENSI kami juga Meresmikan"  Pondok Literasi Bulang Linggi " ,  Nurhasanah menjelaskan juga, Sempat terganggu sebelum diresmikan, oleh segerombolan Monyet, yang sering hadir di sini, di karenakan halaman belakang masih ada hutan, Namun tidak menyurutkan langkah kami yang ingin terus maju dan berbuat kebaikan untuk sekolah ini, dan alhamdulillah diresmikan juga hari ini, Konsepnya dengan ditampilkannya Gurindam 12, dan Juga Karya karya Seni dari Siswa. Paparnya

Kemudian Selaku Tokoh Masyarakat RW. 02 kelurahan Tuah Madani Syariful Amri Purba SH, " Apresiasi yang setinggi tingginya, Kepada pihak sekolah, Tentunya tidak luput kerja sama seluruh, Wali Murid yang ada ". Dengan diadakannya seni pentas budaya, dan menghadirkan kuliner kuliner yang selama ini, merupakan bakat terpendam ". Ujar petarung  politik ini

Ditambahkannya " Melalui acara ini bisa meningkatkan dan menimbulkan kwalitas terbaik, pengelola kuliner terbaik dan seni seni, saya lihat tadi ada tas, ada lukisan terbuat dari biji bijian, itu indah sekali, nah ini termasuk Ekonomi kreatif juga bisa kita ajukan kesana, artinya dengan ekonomi kreatif  pasti membangun kesejahteraan meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri ". Ujar Syariful

Ketua Panitia Ali Nur, Mengucapkan terima kasih kepada Wali Murid Maupun perwakilan Komite yang ada di sekolah, Untuk guru dan Majelis guru serta Kepala Sekolah yang sangat Antusias melaksanakan Program Study Merdeka saat ini. Ujarnya ( red Syafri )

Thanks for reading SDN 181 Pekanbaru, Gelar Pentas Seni Budaya, Bazar UMKM Sekaligus Peresmian Pondok Literasi Bulang Linggi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments