Warga Pulau Busuk Rasakan Betul Manfaat program PKT Dana Desa.

forumriau.com 8.10.22
forumriau.com
Sabtu, 08 Oktober 2022



FORUMRIAU.COM - PEKANBARU - Program Padat Karya Tunai  yang dilaksanakan di desa pulau busuk kecamatan Inuman kabupaten kuantan Singingi  sangat dirasakan manfaatnya oleh warga .Warga  baik bapak - bapak maupun ibu - ibu ikut terlibat langsung sebagai tenaga kerja yang bermanfaat untuk menambah penghasilan keluarga. Masyarakat mendapatkan manfaat ganda dari program ini yakni mendapatkan manfaat infrastruktur yang dibangun dan manfaat sebagai sumber penghasilan keluarga dengan ikut bekerja dalam pembukaan badan jalan yang akan di bangun.

Salah satu warga desa pulau busuk Yuyun saat berbincang dengan forumriau.com ia sangat merasakan program Padat karya tunai ( PKT) tersebut.

"Alhamdulillah Ya "Saya selaku warga yang ikut PKT ini saya pribadi sangat merasa terbantu secara ekonomi.ucapnya

Saat PKT itu kami membersihkan badan jalan pertanian yang akan di dibangun semenisasi.ya kami terima upah sebesar seratus ribu"kan lumayan kerja satu hari dapat uang seratus ribu,sangat terbantu lah ,dapat menambah nambah penghasilan.jelas yuyun.Sabtu 8/9.

Sementara itu Kepala desa pulau busuk Mahyudin,S.Pi Saat berbincang dengan riauaktual.com di salah satu warung kopi di Inuman ia mengatakan Semoga dengan adanya program padat karya tunai (PKT ) ini bisa membantu warga secara ekonomi.

" Semoga bisa meringan beban warga secara ekonomi dengan dilaksanakan PKT Ini meskipun PKT nya hanya satu hari.ucap Mahyudin

Ditambah Mahyudin,apa lagi saat sekarang ini kita sudah berada di musim penghujan,masyrakat disini mayoritas mata pencarian sebagai petani karet.jadi kalau musim hujan kan gak bisa menderes.tambah Mahyudin.

Mahyudin juga menjelaskan PKT ini sudah di mulai sejak tanggal 29 September kemaren,saat itu sebanyak 100 orang warga yang mengikuti program PKT dengan kegiatan membuka badan jalan yang akan kita bangun.

Setelah Padat karya tunai selesai dilaksanakan dengan pembukaan badan jalan ,2 hari kemudian baru dilakukan pengecoran.dan untuk para pekerja pengecoran jalan ini terdiri dari 3 kelompok yang terdiri satu kelompok satu dusun.

"Desa pulau busuk ini kan ada 3 dusun,jadi pekerja pengecoran jalan ini ada 3 kelompok,yang terdiri dari satu kelompok dari masing masing dusun.itu rata rata 18 sampai 20 orang  lah ,kata mahyudin


Perlu diketahui program peningkatan jalan pertanian yang sedang di realisasikan oleh pemdes desa pulau busuk ini yang alokasi dananya dari dana desa tahun anggaran 2022  sepanjang 120 meter.

120 Meter ini merupakan lanjutan dari kegiatan pada tahun sebelumnya dengan voleme 32 Meter.

Tidak hanya itu kata Mahyudin, Jum,at kemaren kami pemerintahan desa juga sudah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa ( BLT DD) periode ke III yakni bulan Juli sampai September,ada 80 keluarga penerima manfaat yang sudah menerima hak nya selaku penerima BLT DD. 

"Sudah kita bayarkan hak masyarakat penerima BLT DD periode III sebesar Rp.300.000 perbulan,jadi total yang diterima masing masing penerima BLT DD Rp.900.000.jelasnya.

Saat pembagian BLT DD itu ada KPM yang kami antar kan langsung kerumah nya,karena 2 KPM ini tidak bisa hadir kekantor desa dikarena kan sakit menahun.

"Ada 2 KPM kami antarkan langsung kerumah nya ,karena sakit menahun,jadi mereka gak bisa datang kekantor desa,saat itu saya tidak sendirian,saya juga didampingi oleh Kasubsektor Inuman,Pendamping desa dan anggota BPD dan beberapa orang perangkat desa.

Mahyudin berharap menjelang berakhir jabatan nya pada desember 2023 mendatang peningkatan jalan pertanian tepat nya di air gemuruh itu bisa terbangun semua nya.

"Harapan saya begitu"jelang akhir jabatan saya tahun depan jalan itu sudah selesai hendak nya.
"Jadi tahun 2021 itu 32 Meter dan sekarang 120 meter,jadi sisa panjang jalan nya lebih kurang 300 meter lagi tu yang akan di bangun tahun depan.tandas nya.

Tidak hanya itu dia juga berharap jalan ke pulau batu itu hendak nya bisa juga kita bangun"tandas mahyudin.

Thanks for reading Warga Pulau Busuk Rasakan Betul Manfaat program PKT Dana Desa. | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments