Lurah Binawidya Bersama mahasiswa melaksanakan Fokus Grup Diskusi Pembentukan kampung iklim dan launching ekowisata danau air hitam

forumriau.com 25.5.22
forumriau.com
Rabu, 25 Mei 2022

Lurah Binawidya Bersama mahasiswa melaksanakan Fokus Grup Diskusi Pembentukan kampung iklim dan launching ekowisata danau air hitam

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU, Lurah Bina widya Syamsurizal bersama beberpa mahasiswa dari unilang kota pekanbaru menggelar Fokus Grup Diskusi tentang pembentukan kampung iklim dan launching ekowisata danau air hitam.

Acara yang berlangsung di kantor lurah Bina widya selasa 24 mei 2022 dihadiri oleh Dosen unilag Agus, Babinsa dan babinkamtimas serta para mahasiswa dan karang taruna.

Agus selaku Dosen dan pendamping menjelaskan, kajian kampung iklim ini adalah berhubungan dengan perubahan alam, lingkungan dan kehutanan. Perubahan global, cuaca panas, cura hujan dari itulah kita duduk bersama 

Kami melihat ada tempat di kelurahan Bina widya sebua danau, kemungkinan danau itu telah berpulu pulu tahun di biarkan. dalam kajian lingkungan, apabila air danau itu dibiarkan, ketika hujan air akan melimpah ke jalan raya,  ketika jalan itu tergenang air, jalan akan cepat rusak. Makanya kalau danau itu merupakan danau buatan atau semulaya kenak galian dan terbentuk cekungan kalau tidak dimanfaatkan itu sangat disayangkan.

Makanya kami mengimbau kepada lurah binawidya dan masyarakat tempatan, bagaimana kalau kawasan itu dijadikan ekowisata, kalau dijadikan ekowisata tentunya kita perlu melakukan aspek aspek yang perhubungan dengan penataan wisata terutama masalah lingkungan apakah itu penghijauan apakah kita membangun objek objek wisata yang memungkinkan mempengarui meningkatkan perekonomian masyarakat tempatan

Dengan adanya sektor ekowisata disana, nantinya kata Agus, dapat menjadi aekon wisatanya kecamatan Bina widya. Disitulah nanti nya menjadi tapak awal kami untuk menjadikan perkembangan kampung iklim yang didalamnya nantinya ada kegiatan kelembagaannya ada kegiatan mitigasi atau pencegaan dini yang dilakukan, makanya ini kerjasama melibatkan perguruan tinggi, pemerintah dan pelaku usaha dengan program CSR nya.

Harapan kami itu penggiat dari masyarakat yang melaksanakannya dengan kita bentuk kelombok sadar wisata. dan kemudian nantinya penggiat penggiat selanjutnya dapat menelusuri bagaimana perkembangan ekowisata itu. Dan Kami dari dosen pendamping siap menjadi pendamping, Sehingga menjadi kawasan baru kawasan tempat wisata yang baru di kecamatan binawidya, jelas agus.

Sebagai Lurah Binawidya, syamsurijal berharap dengan dilaksanakannya forum grup diskusi ini dapat memberikan hasil yang baik. "Ya Keberadaan danau air hitam berada di RW 4 perbatasan dengan kelurahan Sibam". Kata syamsurizal.

ketika tempat itu nantinya menjadi sala satu ekowisata, otomatis akan menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat tempatan. Kita siap mendukung dan memberikan sport untuk perkembangan dan kemajuan wilayah kita, tutupnya.

Thanks for reading Lurah Binawidya Bersama mahasiswa melaksanakan Fokus Grup Diskusi Pembentukan kampung iklim dan launching ekowisata danau air hitam | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Lurah Binawidya Bersama mahasiswa melaksanakan Fokus Grup Diskusi Pembentukan kampung iklim dan launching ekowisata danau air hitam