Doa Padang :.PLT Bupati Kuansing Disambut bak Raja, Ini Kemeriahan Warga Seberang Pulau Busuk Inuman.

forumriau.com 14.3.22
forumriau.com
Senin, 14 Maret 2022


Doa Padang :.PLT Bupati Kuansing Disambut bak Raja, Ini Kemeriahan Warga  Seberang Pulau Busuk Inuman.

Kedatangan PLT Bupati Kuantan Singingi Drs.Suhardiman Amby,Ak,MM  ke Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman,Ahad,13/3/22 disambut meriah warga dan perangkat desa setempat.

Kehadiran Suhardiman Amby yang akrab juga di sapa Datuk Panglimo dalam itu, dalam doa Padang yang digelar masyrakat desa seberang pulau busuk.

Pantauan media ini, aparat desa setempat dan tim penyambutan menunggu PLT Bupati Kuansing Itu sudah di mulai sejak pukul 13:00 WIB,sementara PLT bupati tiba di desa tersebut pukul 14:35 WIB,Suhardiman dijemput bak raja. Dengan menggunakan tempat duduk yang terbuat dari kayu yang juga di hiasi oleh kertas penghias lalu di pikul oleh para warga . Suhardiman dan Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazaka,SH,MH yang juga turut Hadir  diarak menuju lapangan volly dusun III tempat Acara doa Padang itu digelar. Di sepanjang jalan menuju lapangan  berjajar puluhan bintang yang di jujung oleh para ibuk ibuk,bintang ini di isi beraneka ragam kue, serta tampak pulak jajaran Jambe yang di hiasi berbagai macam makanan ringan.berbagai macam pantun yang terpajang di depan Jambe setiap dusun desa seberang pulau busuk itu salah satu nya  RAMI URANG POI KALADANG, KALADANG UNTUK MANANAM PADI,DULU BA MAMAK KA MAMAK URANG,KINI DATUAK JADI BUPATI....SUAAAII... !

Doa Padang ini merupakan tradisi masyarakat Kuansing, dengan dilakukan doa bersama sebelum turun ke sawah, dengan harapan diberi keberhasilan ketika panen nanti, masih menjadi tradisi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang terus dilakukan secara turun temurun.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Seberang Pulau Busuk, Kecamatan Inuman Kabupaten Kuansing.acara ini berlangsung dilapangan volly dusun III desa tersebut.

Kepala Desa Seberang Pulau Busuk Agus Purnama dihadapan PLT Bupati menyampaikan, maksud dan tujuan dalam doa padang ini merupakan cara untuk meminta kepada maha yang kuasa agar benih padi yang akan ditanam berhasil sesuai harapan.

"Diakui Kepala desa selama pandemi covid 19 ini ,tahun ini baru bisa diselenggarakan doa Padang semeriah ini.sebelumnya kata kades setiap tahun kita laksanakan doa Padang ini,karena ini merupakan sebuah tradisi mendoa bersama sebelum turun ke ladang.

"Acara doa padang ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi di tengah masyarakat. Diharapkan dengan meningkatnya hubungan silaturahmi akan mendatangkan rezeki bagi masyarakat," ungkap Agus.

Masih kata agus Purnama juga menyampaikan kondisi jalan pertanian yang butuh perbaikan oleh pemerintah kabupaten.

Disamping itu, Kepala Balai pelatihan pertanian ( BPP ) kecamatan Inuman Sahwi juga menyampaikan, sejauh ini kendala yang dihadapi kalangan petani adalah ketiadaan benih. "Hal ini disebabkan musibah banjir tahun 2019 lalu sebanyak dua kali terjadi sehingga menyebabkan gagal panen," beber sahwi

Luas lahan di seberang pulau busuk 1,36 H, yang tertanam hanya 60 H,

Kalau lahan seluas 60 H,itu akan bisa menghasilkan  padi 4,8 ton,dan 4,8 ton padi akan bisa menghasilkan 2,800 ton beras ,dan ini Selama 3 bulan masa tanam Sampai panen.

Ia menyebutkan, banyaknya benih padi yang dibutuhkan untuk Desa Seberang pulau busuk , yakni sebanyak 15 ton Sementara benih yang ada menurutnya, hanya 3 ton, sehingga kekurangan 12 ton.

Tradisi doa Padang Ola di mulai dari niniak moyang Kito dulu,Ola ba oncam samanyan,mandoa di ladang,tontu berharap selamat bertanam kata Suhardiman, Tentu kita sebagai generasi penerus tidak mungkin kita menghilangkan tradisi yang sudah sejak lama dan sudah menjadi turun menurun.ucap suhardiman.

Semoga masyrakat Kuansing yang akan melakukan turun keladang tahun ini semoga selamat ,dan benih padi yang akan di tanam hendak selamat sesuai harapan Kito Basamo .beber  suhardiman.

Terkait Masalah jalan pertanian yang dikeluhkan masyrakat seberang pulau busuk suhardiman berjanji akan melakukan perbaikan.

Dan suhardiman juga  menyampaikan jalan poros yang menghubungi beberapa desa yang terletak di seberang sungai kuantan kecamatan Inuman suhardiman berjanji insyallah tahun depan 2023 akan kita lakukan pengaspalan.

Di samping itu Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazaka,SH,MH saat di wawancarai oleh media ini dikatakan Kapolsek Selama diri nya bertugas menjadi Kapolsek cerenti-Inuman baru kali ini dirinya mengahadiri Acara adat seperti ini .

"Acara doa Padang ini perlu di lestarikan,karena ini merupakan tradisi masyrakat Kuansing.ucap Wan Mantazaka.

Disebut Wan Mantazaka,dirinya juga sangat terharu melihat semua masyrakat desa seberang pulau busuk"yang mana kata Kapolsek masyarakatnya tumpah ruah hadir mensukseskan acara yang turun temurun ini.

Thanks for reading Doa Padang :.PLT Bupati Kuansing Disambut bak Raja, Ini Kemeriahan Warga Seberang Pulau Busuk Inuman. | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Doa Padang :.PLT Bupati Kuansing Disambut bak Raja, Ini Kemeriahan Warga Seberang Pulau Busuk Inuman.