Dihadiri Kapolda Riau, RAKERNAS IPPAT 2022, Berjalan Lancar

forumriau.com 23.3.22
forumriau.com
Rabu, 23 Maret 2022

Dihadiri Kapolda Riau, RAKERNAS IPPAT 2022, Berjalan Lancar


FORUMRIAU.COM - PEKANBARU, Rapat Kerja Nasional ( RAKERNAS ) dan Upgrading Ikatan Pejabat Akta Tanah ( IPPAT ) 2022, Dihadiri Kapolda Riau, Irjen M. Iqbal, SIK., MH, Ketum IPPAT Hapendi Harahap, SH, MH, Ketua Pengwil IPPAT Riau Benizon, Ketua OC Ivo Fidriyanti digelar di Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, rabu, 23/3/2022

Ketua Umum IPPAT, Dr Hapendi Harahap SH MH, menyatakan Rakernas adalah kegiatan penting untuk kelangsungan organisasi. Melalui rakernas ini akan diputuskan kebijakan strategis untuk menata dan mengelola perkumpulan.

Selain pengesahan Perkum, akan dibahas Rancangan Perkumpulan mengenai Magang, Pendampingan Terhadap Anggota IPPAT Yang Terkait Masalah Hukum dan Pengeloaan Keuangan Perkumpulan," ujar Hapendi.

" Pembahasan Peraturan Perkumpulan akan menjadi perhatian para peserta Rakernas dan diharapkan keputusan yang diambil memberikan langkah positif bagi perkumpulan dan bermnafaat untuk seluruh anggota ".

Setelah pembukaan, digelar Konfrensi Pers Hapendi menjelaskan " agar para PPAT selalu update terhadap peraturan dan perkembangan hukum, PP IPPAT mendorong diselenggarakannya kegiatan keilmuan seperti seminar, workshop, upgrading maupun diskusi atau kajian hukum aktual.

Adapun agenda Rakernas meliputi pengesahan Peraturan Perkumpulan (Perkum) Nomor 1 Tahun 2021 mengenai ALB IPPAT, pembahasan Rancangan Perkum mengenai magang, pendampingan hukum anggota IPPAT dan pengelolaan keuangan perkumpulan. Menurut Bambang sebelum dilaksanakan Rakernas akan diselenggarakan upgrading keilmuan menampilkan narasumber kompeten dari Kementerian ATR BPN, Kejaksaan RI, Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian atau Mabes Polri.

Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian ATR/BPN R Ir Suyus Windayana, MApp Sc dan Wakil Jaksa Agung RI Dr Sunarta, SH MH, akan menyampaikan materi Sistem Pertanahan Elektronik Upaya Meminimalisir Mafia Tanah. Kemudian Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah, SH MH menyampaikan materi Kedudukan KTP-EL dan KTA IPPAT dalam Pelaksanaan Jabatan PPAT. Dilanjutkan dengan Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri RI Dr Hendriwan, MSi dan Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr Drs A Fatoni, MSi mengulas Singkronisasi BPHTB dan PPH Sesuai Dengan Ketentuan UU Nomor 1 Tahun 2022.

Sedangkan Anjak Pidana Umum Bareskrim POLRI Kombes Pol Hadi Purwanto akan mengulik Peran PPAT dalam Pemberantasan Mafia Tanah. "Peserta upgrading diikuti para peserta Rakernas dan Anggota Biasa dan Anggota luar Biasa (ALB) IPPAT", kata Bambang.

Ivo Fidriyani menambahkan sebagai ajang silahturahmi, para peserta Upgrading dan Rakernas IPPAT akan mengikuti "Malam Keakraban". Penyanyi Melayu Iyeth Bustami Rabu (23/2/2022) malam akan tampil menghibur para PPAT seluruh Indonesia yang hadir mengikuti perhelatan Rakernas dan Upgrading.

Thanks for reading Dihadiri Kapolda Riau, RAKERNAS IPPAT 2022, Berjalan Lancar | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments