Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

Pengakuan Bripka Oktavianus Yusbar Saat Diseka Keringatnya Oleh Kapolda : Saya Grogi

forumriau.com 7.2.22
forumriau.com
Senin, 07 Februari 2022

Pengakuan Bripka Oktavianus Yusbar Saat Diseka Keringatnya Oleh Kapolda : Saya Grogi!


FORUMRIAU.COM - PEKANBARU - Moment yang cukup mencuri perhatian saat kegiatan penyerahan penghargaan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada Bripka Oktovianus Yusbar, polisi yang berhasil menangkap 2 pelaku jambret, Senin (7/2/2022).

Terlihat Irjen Iqbal secara spontan menyapu keringat dikening Bripka Oktavianus Yusbar dengan tisu.

Tak ayal hal ini membuat sang polisi heroik itu tegang dan grogi. Awalnya, Irjen Iqbal akan menyampaikannya  beberapa hal soal aksi heroik Bripka Oktavianus yang merupakan anggota polisi yang berdinas di Polsek Tenayan Raya, Polresta Pekanbaru ini.

Irjen Iqbal lalu memanggil Bripka Oktavianus Yusbar, untuk duduk di sebelahnya.

"Mana ini Bripka Oktavianus?," tanyanya.

"Siap Jenderal," jawab Bripka Oktavianus yang berdiri tak jauh dari tempat duduk Kapolda Riau.

"Sinilah, kasih kursi, seharusnya di sini, di sebelah saya," imbuh Jenderal bintang dua itu.

"Izin Jenderal untuk duduk," ucap Bripka Oktavianus yang sudah mendapat kursi yang diberikan anggota polisi lainnya.

Bripka Oktavianus, kemudian duduk. Ia pun membuka topi yang dikenakannya.

Irjen Iqbal memandang wajah Bripka Oktavianus, yang tampak penuh dengan keringat.

Spontan mantan Kapolda NTB itu mengambil tisu yang berada di meja, tepat di depannya, lalu menyapu keringat Bripka Oktavianus yang ada didahinya.

"Siap," lontar Bripka Oktavianus.

Apa yang dilakukan Irjen Iqbal ini pun disambut tepuk tangan dan tawa kecil dari hadirin termasuk para awak media.

Usai kegiatan penyerahan penghargaan, wartawan sempat bertanya soal bagaimana perasaannya, ketika keringatnya disapu orang nomor satu di Korps Bhayangkara Riau itu.

"Siaaap, karena ini agak grogi saya, duduk sama Bapak Kapolda," jawab Bripka Oktavianus.

Diungkapkannya, ia mengaku bersyukur diberi penghargaan langsung oleh Kapolda Riau. 

"Alhamdulillah saya ucapkan puji syukur kepada Allah Subhaanahuwata'aala, mungkin ini suatu anugerah sebagai petugas kepolisian untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kami peduli kepada masyarakat. Kami siap berkorban jiwa raga demi masyarakat demi menciptakan rasa aman," sebutnya.

"Terimakasih kepada Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal atas pemberian penghargaan dan Bapak Kapolresta Kombes Pol Pria Budi dan Bapak Kapolsek (Kompol Manapar Situmeang) saya yang telah membimbing dan mengarahkan saya untuk selalu berbuat baik dalam bekerja untuk melayani masyarakat. Terimakasih kepada semua pimpinan saya," imbuh dia.

Disinggung tentang kaki kirinya yang terkilir, karena aksinya menabrakkan sepeda motor dan menendang dua pelaku jambret hingga berhasil tertangkap, Bripka Oktavianus menyatakan kondisinya sudah berangsur pulih.

"Kaki sudah berangsur pulih, masih ada nyeri sedikit, untuk ditekuk masih agak susah," akunya.

Untuk memberikan penghargaan ini, Irjen Iqbal langsung mendatangi Mapolsek Tenayan Raya, tempat Bripka Oktavianus bertugas.

"Kehadiran saya di sini untuk menyapa sahabat saya Bripka Oktavianus Yusbar, jagoan saya. Yang beberapa hari ini menjadi news maker, menjadi trending topic karena aksi heroiknya yang patut diacungkan jempol dan jadi suri tauladan bagi kami semua," kata Irjen Iqbal.

"10.600 lebih personel jajaran Polda Riau, harus mencontoh (Bripka Oktavianus, red). Inilah simbol perlindungan dan pengayoman serta pelayanan terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Bripka Oktavianus Yusbar. Seorang polisi yang dengan insting dan jiwa raganya. Apa pun yang terjadi, dia berikan demi kemanusiaan," imbuh Kapolda Riau.

Dikisahkan Irjen Iqbal, ketika itu Bripka Oktavianus Yusbar melintas di jalan dengan tujuan akan melaksanakan tugas pengamanan unjuk rasa, Jumat (4/2/2022), sekira pukul 08.00 WIB.

Bripka Oktavianus pun mendengar teriakan masyarakat yang meminta tolong karena ada jambret.

Spontan, Bripka Oktavianus dengan naluri kepolisiannya, langsung bereaksi.

"Naluri itu tentunya dipersiapkan sejak awal, sejak dia menjadi anggota Polri. Dia background-nya adalah personel Brimob. Sehingga dengan kemampuan taktis Bripka Oktavianus Yusbar melakukan upaya paksa kepolisian terbatas, dengan tindakan tegas terukur, menabrakkan sepeda motornya, menghentikan 2 pelaku pencurian dengan kekerasan jambret. 2 sekaligus terhenti, lengkap dengan barang buktinya," tutur mantan Kadiv Humas Polri ini sembari menunjukkan 1 unit handphone.

Lanjut Irjen Iqbal, pada hari ini dia memberikan penghargaan langsung kepada Bripka Oktavianus Yusbar.

"Ini akan menjadi trigger (penggerak, red) bagi semua anggota kepolisian, agar mencontoh Bripka Oktavianus Yusbar. Tidak sedikit anggota kepolisian, oknumlah, yang melihat kecelakaan kecil saja, pura-pura tidak tahu. Dan ini adalah contoh yang baik. Saya perintahkan semua personel Polda Riau harus mencontoh Bripka Oktavianus Yusbar ini," sebutnya.

Karena menurut jebolan Akpol 1991 ini, sosok polisi seperti Bripka Oktavianus Yusbar inilah yang diharapkan dan diidam-idamkan masyarakat. Sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

"Disaat masyarakat ingin melakukan aktivitas keseharian, personel Polri harus hadir. Kita harus jamin keamanan, apa pun resikonya," ungkap Jenderal polisi bintang dua ini.

Irjen Iqbal dalam hal ini, langsung memberikan piagam penghargaan kepada Bripka Oktavianus Yusbar. Tak hanya itu, Kapolda Riau juga mengalungkan medali kepada personel Polsek Tenayan Raya ini.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah pejabat utama Polda Riau. Seperti Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Irwasda Kombes Pol Hermansyah, Kabid Propam Kombes Pol J Setiawan, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Kapolsek Tenayan Raya Kompol Manapar Situmeang dan anggota Polsek Tenayan Raya.

Thanks for reading Pengakuan Bripka Oktavianus Yusbar Saat Diseka Keringatnya Oleh Kapolda : Saya Grogi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments