Wako dan Kapolresta Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana Forkopimda Pekanbaru | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Wako dan Kapolresta Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana Forkopimda Pekanbaru


Wako dan Kapolresta Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana Forkopimda Pekanbaru 


FORUMRIAU.COM - PEKANBARU - Dalam rangka kesiap siagaan tanggap bencana di wilayah Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K, M.H., hadiri Apel Gelar Pasukan bersama Forkopimda Kota Pekanbaru, Kamis (05/11/2020) sore di Stadion Kaharuddin Nasution Jalan Yos Sudarso Pekanbaru.


Apel Gelar Pasukan tersebut, dipimpin langsung Walikota Pekanbaru H. Firdaus, S.T, M.T didampingi Kapolresta Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K, M.H, Dandin 0301 Pekanbaru, Letkol inf. Edi Budiman, S.IP, serta dihadiri para Kepala Dinas di lingkungan Pemko, para camat dan staf.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakapolresta AKBP Yusuf Rahmanto, S.I.K., M.H., para PJU, Polsek Rumbai dan Rumbai Pesisir, Personel Gabungan dari unsur TNI-POLRI, Dinas Perhubungan Kota, Satpol PP, BPBD Kota, Tagana, Basarnas, Damkar Kota Pekanbaru dan para relawan.


Sebelum acara dimulai, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST, MT bersama Forkompinda Kapolresta Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K,M.H, Dandin 0301 Pekanbaru, Letkol inf. Edi Budiman, S.IP, melakukan pengecekan kesiapan personel gabungan dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiap siagaan tanggap bencana di wilayah Kota Pekanbaru.



Wali Kota Pekanbaru H Fidaus, ST, MT, dalam sambutannya terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Pekanbaru, seperti Kapolresta Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K,M.H, Dandin 0301 Pekanbaru, Letkol inf. Edi Budiman, S.IP dan jajarannya serta para Kepala Dinas Pemko yang sudah menunjukkan kesiap siagaannya dalam apel gelar pasukan tersebut.


Dikatakan Walikota Pekanbaru, memasuki bulan November dan Desember jelang akhir tahun 2020 ini, situasi cuaca di Kota Pekanbaru, bisa dibilang sudah memasuki musim penghujan, sehingga untuk mengantisipasi adanya bencana banjir, Pemerintah Kota Pekanbaru bersama instansi terkait dan lintas sektoral seperti TNI-PORI, BPBD Pekanbaru, terlebih dahulu melakukan apel gelar pasukan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana dalam musim tersebut.


Selain itu, Walikota Pekanbaru juga mengatakan dalam cuaca yang tidak menentu saat ini, bisa saja musim hujan diselingi musim panas, sehingga tidak tertutup kemungkinan terjadi bencana kebakaran lahan saat musim panas tiba. Namun kondisi tersebut dapat diantisipasi dengan kesiap sigaan benacana tersebut dengan dini.


"Dengan adanya kesiap siagaan bencana yang kita lakukan saat ini, setidaknya kita dapat mengantisipasinya dengan cepat, agar masyarakat dapat terbantu saat terjadi bencana tersebut," ungkap Walikota.


Mantan Kepala Badan BPBD Riau itu, juga mengatakan disaat musim hujan tiba di kota Pekanbaru, tidak tertup kemungkinan terjadi rawan banjir di kawasan rawan banjir di kota Pekanbaru, seperti di daerah Rumbai Pesisir dan dataran rendah lainnya. Karena, genangan air, drainase dan anak-anak sungai bisa meluap akibat tidak bisa menampung curahan hujan yang tinggi saat hujun tiba.


"Hal itulah yang perlu untuk kita antisipasi bersama, karena curah hujan yang tinggi, tidak tertutup kemungkinan di daerah rawan banjir akan terjadi genangan airt yang cukup lumayan tinggi juga," urai Walikota Pekanbaru.


Tidak sampai disitu lanjut Firdaus, selain curah hujan yang tinggi, bisa saja terjadi petir dan angin kencang yang melanda di wilayah kota Pekanbaru, sehingga kesiapsigaan tanggap bencana tersebut, sangat penting untuk dilakukan Pemko bersama instansi terkait atau  lintas sektoral yang dilakukan saat ini.


"Ini semua tidak terlepas apa kita lakukan saat ini adalah untuk menyiapkan diri kita agar bisa mengantisipasi adanya bencana alam yang akan kita hadapi dalam cuaca ekstrim yang kita hadapi dalam waktu dekat ini. Semoga dengan adanya persiapan yang kita lakukan saat ini bisa mengatasi bencana tersebut dalam kesiap siagaan kita saat ini," pungkas Walikota Pekanbaru.


Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K, M.H., disela acara tersebut mengatakan bahwa pihaknya bersama jajaran Polresta Pekanbaru, siap mengerahkan personelnya untuk mendukung tanggap bencana dalam rangka kesiap siagaan tanggap bencana di wilayah Kota Pekanbaru.


"Setidaknya kami bersama jajaran Polresta dan personel Polsek, mendukung dan menyiapkan kekuatan personel yang ada dalam dua pertiga personel yang ada dalam pelaksanaan tanggap bencana yang dilaksanakan Pemko bersama jajaranya saat ini," ujar Kapolresta.


Selain menyiapkan dua pertiga personel Polresta dan jajaran lanjut Kapolresta, pihaknnya juga tengah menyiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung tanggap bencana tersebut di kota Pekanbaru.


"Termasuk menyiapkan posko-posko tanggap bencana yang sudah di daerah rawan bencana yang ada di wilayah Polsek - Polsek jajaran Polresta Pekanbaru," papar Kapolresta Pekanbaru.


Kapolresta juga menyebutkan dalam kegiatan tanggap bencana ini pihaknya juga tengah bersinergi dengan aparatur lintas sektoral dalam mendukung kegiatan tersebut saat memasuki musim hujan diakhir tahun 2020 ini. Termasuk dari aparatur lintas TNI, Basarnas, BPBD Kota dan instansi etrkait lainnya. 


"Ini tidak lepas dari sinergitas yang sudah terjalin selama ini dengan pihak-pihak terkait, mulai dari aparat TNI-POLRI, Basarnas, BPBD, Tagana dan instansi terkait Pemko Pekanbaru," papar Kapolresta. 


Kapolresta Pekanbaru  juga menyebutkan, dengan adanya kegiatan gelar apel pasukan kesiap siagaan tanggap bencana di Kota Pekanbaru ini, setidaknya Polresta Pekanbaru bisa melihat langsung kesiapan personel gabungan lintas sektoral tersebut serta sarana dan prasana yang disediakan dapat mendukung pelaksanaan tanggap bencana tersebut bisa berjalan dengan baik.


"Untuk itu, dengan adanya apel gelar pasukan kesiap siagaan tanggap bencana ini, setidaknya kita sudah siaga dalam mengantisipasi terjadi bencana yang akan kita hadapi saat terjadi nantinya," pungkas Kapolresta Pekanbaru.(hms/red)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...