Tinjau Pelaksanaan PPDB SMPN 4 Tambang Berikut Disampaikan Kades Tarai Bangun dan Kasi Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Tinjau Pelaksanaan PPDB SMPN 4 Tambang Berikut Disampaikan Kades Tarai Bangun dan Kasi Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar

FORUMRIAU.COM: KAMPAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 tingkat SMP di kabupaten Kampar sudah dimulai, Senin (29/6/2020) . 

Pelaksanaan PPDB di SMPN 4 Tambang gunakan sistem daring dan luring.

Hari kedua Selasa pagi Kepala Desa Tarai Bangun kecamatan Tambang kabupaten Kampar Andra Maistar, S.Sos tinjau pelasaksanaan PPDB di SMPN 4 Tambang yang secara geografis berada di wilayah desa Tarai Bangun.

Dalam kunjungannya Kades Tarai Bangun menyampaikan kepada masyarakat yang  mendaftarkan putra-putrinya  ke SMPN 4 Tambang agar memanfaatkan waktu yang tersedia untuk mendaftar mulai dari tanggal 29 Juni sampai dengan 2 Juli 2020.

Kades Andra Maistar menyampaikan agar orang tua dan calon siswa memahami jalur pilihan yang didaftarkan secara daring dan luring tersebut berupa jalur zonasi, luar zonasi, afirmasi dan prestasi. 

" Kepada orang tua dan calon siswa agar memahami dan melengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan berkaitan dengan jalur yang dimasuki ke SMPN 4 tambang ini agar warga desa Tarai Bangun tidak merasa dirugikan, " sebut Kades.

Disampaikan Kades juga berhubung dengan suasana pandemi covid 19  orang tua dan calon siswa yang datang ke sekolah agar mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah guna memutus mata rantai virus covid 19.

" Kita sangat Apresiasi dengan Kepsek SMPN 4 yang telah melaksanakan protokol kesehatan, kita lihat disediakannya cuci tangan, pengukur suhu, jaga jarak dan diharuskannya menggunakan masker ketika masuk pekarangan sekolah serta kerja keras  panitia membantu calon siswa untuk mengolinekan administrasi PPDB, tentu kita sangat bangga semoga kedepannya SMPN 4 dapat menjadi model pendidikan yang hebat di desa kita ini, "ungkap kades.

Kades menyampaikan agar masyarakat yang sudah lama tinggal di desa Tarai Bangun dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, agar warga yang belum memiliki administrasi kependudukan desa Tarai Bangun pro Aktif mencari info ke sekolah dan kantor desa apalagi dengan sistem zonasi ini lebih mengutamakan warga tempatan yang lengkap administrasinya. 

Sementara itu Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan kabupaten Kampar Taufik Wahyudisyah , S.Pd, M.Si dalam kunjungannya bersama rombongan menyampaikan agar SMPN 4 dapat melakasanakan PPDB dengan baik apalagi saat ini berada dalam tatanan hidup new normal dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kemudian untuk kuota siswa sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan dengan mengedapankan Peraturan Perundangan dan Permendikbut yang ada terkait dengan zonasi, luar zonasi, afirmasi dan prestasi.

Diharapakan oleh Taufik, S.Pd, M.Si dengan terlaksananya aturan penjaringan yang berlaku terbentuklah siswa yang berkwualitas kedepannya yang dididik oleh guru yang hebat pula, "sebut Kasi Dikdas ini.

Kepala SMPN 4 Tambang Emelfa, S.Pd dalam kesempatan yang sama menyampaikan terkait dengan kuota penerimaan yang sudah ada ketentuannya.

" Kuota yang diterima Itu sudah ada ketentuan persentasenya dan paling banyak adalah zonasi. Terkait dengan zonasi itu sudah ada  kebijakan Permendikbudnya, sekolah akan menerapkan, kita menyebutnya anak tempatan," terang Kepsek Emelfa, S.Pd.

Disebutkan oleh Kepsek, pendaftaran  untuk jalur zonasi 50% dari daya tampung sekolah, Afirmasi 15% dari daya tampung sekolah, berprestasi 30% dari daya tampung sekolah, dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua 5% dari daya tampung sekolah, "jelasnya.

Ditambahkan Kepsek untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan PPDB yang telah diarahkan oleh pemrintah dan juga membatasi pendaftaran sebanyak 105 data anak calon peserta didik yang harus diinput oleh operator setiap harinya dengan 3 sesi. Mengenai hal ini sekolah telah memberikan arahan melalui pengumuman agar orang tua anak dapat mengerti dan memahami pembatasan sosial guna pencegahan Covid-19. 

" SMPN 4 Tambang, tahun 2020 ini kita terima anak untuk 11 ruang belajar dan kami dari pihak sekolah sipatnya membantu orang tua untuk dapat mengakses pendaftaran data anaknya dan  orang tua sendiri dapat mendaftarkan anaknya secara online dirumah sesuai dengan web dari dinas yang sudah kita infokan kemana-mana, jadi orang tua dan calon siswa ga mesti datang kesekolah, "terang Kepsek Emelfa.

Ketua panitia penerimaan PPDB SMPN 4 Tambang Syahril Musnadi, S.Pd.I mendampingi Kepsek, mengatakan " sampai saat ini hari kedua  PPDB belum ada kendala, dan kami terus berkoordinasi dengan Kepsek terutama operator dan panitia lainnya untuk benar-benar memvalidasi data calon anak didik seperti kartu keluarga, SKHU dan administrasi yang dibutuhkan lainnya, " jelas Syahril Musnadi.

Wali murid yang sempat ditanyakan tentang proses PPDB daring dan luring ini sebut saja namanya Toni dan Nehe merasa senang dengan adanya kepanitiaan dari sekolah.

" Terus terang pak, kami orang tua dan anak-anak banyak yang gaptek, susah dan kebingungan  untuk mendaftar secara online dirumah, makanya kami datang kesekolah untuk bisa di onlinekan pak, "jelas wali murid. (Red/Anas)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...