Walikota Firdaus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian ke Pemuri | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Walikota Firdaus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian ke Pemuri


Walikota Firdaus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian ke Pemuri

FORUMRIAU.COM - Pekanbaru: Walikota Pekanbaru, DR.Firdaus.ST.MT memberikan sambutan dalam  acara penyerahan bantuan alat mesin pertanian, pelatihan pembuatan pakan ternak dan kompos, Selasa, 5/11/2019.
Kegiatan itu digelar di lokasi Pemuri (Petani Muda Riau), tepatnya depan rumah tahanan, Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru.

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus beserta beberapa jajaran dinas terkait Pemko Pekanbaru dan sekretariat Pemko.

Dalam penyerahan itu juga dihadiri oleh GM Corporate Asset Chevron, Sukamto Thamrin, Ketua dewan pembina Pemuri, Sayed Abu Bakar Assegaf, Ketua Umum Pemuri Riau, Ade Putra Daulay,S.P, Camat Tenayan Raya Abdimas Syahfitrah,S.IP,M.Si dan rombongan Forkopinda, serta Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Irba H Sulaiman.

Dalam sambutannya walikota Pekanbaru,H.Dr.Firdaus ST.MT, atas nama pemerintah kota Pekanbaru, menyampaikan sambutan positif atas penyerahan bantuan alat mesin pertanian serta acara pelatihan pembuatan pakan ternak dan pembuatan kompos itu.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian kita terhadap pemenuhan kebutuhan saudara saudara petani kita dalam meningkatkan produktifitas pertanian di kota Pekanbaru.

Sebagai langkah awal, mari kita rebut peluang untuk meningkatkan produksi pangan, baik untuk komoditas pangan dan hortikultura, peternakan maupun perikanan. Dengan sentuhan inovasi teknologi terkini sesuai dengan perkembangan IPTEK, pada lahan lahan pertanian kita yang ada dikota Pada," terang Firdaus.

Pemerintah kota Pekanbaru, lanjut Firdaus, dalam misinya Pekanbaru 2025 yakni: Terwujudnya kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pendidikan serta pusat kebudayaan melayu menuju masyarakat sejahtera yang berlandas iman dan taqwa.

Kemudian diselaraskan dengan visi antara walikota-wakil walikota 2017-2022 yakni "Terwujudnya pekanbaru Smart city Madani".

Implementasi dari visi ini adalah komitmen dalam tiap program kerja pemerintah kota Pekanbaru dalam mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia.

Begitupula, pemerintah kota Pekanbaru secara konsisten melaksanakan pemberdayaan bagi masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang madani, masyarakat yang mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi.

Menurut keterangan Kabag Humas, Irba, inovasi pemberdayaan dimaksud adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan ekonomi kerakyatan, dan penguatan kelembagaan masyatakat.
Untuk itu, pemerintah kota Pekanbaru meletakkan 6 (enam) pilar pembangunan Samartcity di Pekanbaru. 

1. Smart Goverment (pemerintah yang cerdas). Pemerintahan yang cerdas adalah pemerintah yang mempunyai visi, mampu dan mau bekerja keras, disiplin, kreatif, Inovatif dan memiliki semangat entrepreneurship, mempunyai komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih (Clean Goverment),Tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), dapat memberikan pelayanan yang lebih dekat,lebih cepat,lebih tepat dan lebih baik kepada masyarakat.

2. Smart People (masyarakat yang cerdas), masyarakat cerdas adalah masyarakat madani yang mampu melihat peluang, Mempunyai semangat entrepreneurship,mampu merebut dan menciptakan lapangan pekerjaan.

3. Smart ekonomy (Ekonomi yang cerdas)

4. Smart environment (Lingkungan yang cerdas)

5.Smart mobility ( Lalu lintas yang cerdas )

6.Smart Living (Pemukiman/Kehidupan yang cerdas).

Sementara itu, Ade Putra Daulay mengatakan bahwa Pemuri dalam hal ini sangat terbantu dengan peran Pemko dan perusahaan yang berkomitmen menyalurkan program sosial mereka. Sehingga, Pemuri mendapatkan fasilitas dan pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat.

"Berkat kerjasama Pemko dan Perusahaan yang berkomitmen dalam kepedulian sosial, Pemuri mengucapkan terimakasih kepada semua pihak. Ini amanah, kita akan gunakan peluang ini sebaik-baiknya seperti yang diharapkan pak Walikota Pekanbaru," ucap Ade Putra Daulay.

Untuk kegiatan Pemuri,telah ada lahan empat hektar di lokasi. Lahan ini tempat petani Pemuri melakukan kegiatan usaha mereka sesuai kebutuhan dan kemampuan untuk membuat sebuah karya yang akan mereka berdayakan.
Di sesi terakhir sambutannya, Walikota Pekanbaru menyampaikan agar para peserta pelatihan dapat menyerap ilmu yang diterangkan serta memanfaatkan alat pertanian dengan baik.

"Pada kesempatan ini saya mengingatkan kepada para petani agar bisa mengikuti pelatihan ini, serta memanfaatkan alat mesin yang diserahkan dengan baik," tutup Firdaus dalam sambutannya. (Adv-Hum)***

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...