Ini Kata Yusril Jika Polisi Jadi Pj Gubernur

forumriau.com 28.1.18
forumriau.com
Minggu, 28 Januari 2018
Ini Kata Yusril Jika Polisi Jadi Pj Gubernur

Pakar Hukum Tata Negara yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra angkat bicara soal usulan Penjabat Gubernur (Pj) dari unsur kepolisian.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengusulkan dua jenderal bintang dua kepolisian yakni Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Mochmad Iriawan sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat, serta kadiv Propam Irjen Martuani Sormin sebagai penjabat Gubernur Sumatera Utara.‎

Penjabat sementara dibutuhkan karena masa tugas Gubernur ke dua daerah tersebut akan habis sebelum Pilkada mengesahkan gubernur yang baru.

Menurut Yusril, secara aturan seorang polisi tidak bisa menjabat sebagai gubernur sementara.

"Seorang Pati polisi untuk jadi pejabat gubernur di dua provinsi, sebenarnya UU kepolisian tidak memungkinkan hal itu dilakukan‎. Oleh karena UU menyebutkan bahwa polisi tidak boleh merangkap jabatan di luar tugas-tugas kepolisian," ujar Yusril di Kantor DPP PBB, Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (28/1/2018)

Menurut Yusril seorang polisi hanya boleh rangkap jabatan dalam tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan tugas kepolisian.

Misalnya Komjen Budi Waseso yang menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Jenderal Budi Gunawan yang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

"BNN dulunya kan organ kepolisian. Tapi kemudian dengan UU Narkotika, BNN jadi semcam lembaga sendiri, lembaga pemerintah non departemen atau non kementerian, itu bisa dijabat oleh Pati polisi aktif. Atau BIN itu kan terkait juga dengan tugas-tugas kepolisian, tapi kalau menjabat sebagai gubernur atau kepala daerah itu enggak terkait langsung dengan tugas-tugas kepolisian," katanya.

Sementara itu, alasan usulan PJ Gubernur dari Polisi untuk pengaman wilayah yang dinilai rawan konflik menurut Yusril tidak tepat.

Pengaman merupakan ranah tugas polisi dalam hal ini Kapolda, bukan PJ Gubernur.

‎"Polisi aktif menjadi penjabat gubernur, sebenarnya tugas keamanan itu ya tugasnya kapolda, bukan gubernur. Jadi agak berbeda itu," katanya.

Oleh karenanya Yusril meminta pemerintah bijak dalam memutuskan PJ Gubernur.

Agar nantinya keputusan yang dibuat tidak menimbulkan ‎dampak hukum dikemudian hari. Selain itu juga tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat.

‎"Karena bisa saja orang curiga ya, menempatkan orang di situ nanti ada kepentingan politik untuk mendukung calon tertentu dalam Pilgub dan itu tidak sehat dalam perkembangan demokrasi di kita ini," ujar dia.(*) Sumber : Tribunnews.

Thanks for reading Ini Kata Yusril Jika Polisi Jadi Pj Gubernur | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments