Dahsyat Ahli Kesehatan Amerika Buktikan Dampak Sedekah Bagi Kesehatan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Dahsyat Ahli Kesehatan Amerika Buktikan Dampak Sedekah Bagi Kesehatan

Dahsyat Ahli Kesehatan Amerika Buktikan Dampak Sedekah Bagi Kesehatan

Ahli kesehatan Amerika Serikat membuktikan dampak bersedekah atau berbuat baik bagi kesehatan tubuh.

Penelitian ini mengingat banyak orang yang menyebutkan bahwa bersedekah bisa membuat seseorang mengalami banyak hal yang positif bagi kondisi kesehatannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat berhasil membuktikan bahwa dengan rajin bersedekah atau menolong orang lain, maka tubuhnya akan cenderung lebih berbahagia dan memiliki kesehatan psikis yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang menerima sedekah atau bahkan yang jarang bersedekah.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dalam penelitian ini, sejumlah peserta diberi 5 Dollar Amerika Serikat, jumlah yang setara dengan Rp 73 ribu. Uang ini diminta untuk dibelanjakan untuk kebutuhan dirinya sendiri atau dibelikan hadiah untuk orang lain, yang lebih dikenal dengan bersedekah di Indonesia. Setelahnya, mereka dicek kondisi otaknya.

Hasilnya adalah, para partisipan yang menyedekahkan uang tersebut justru lebih bahagia jika dibandingkan dengan mereka yang membelanjakannya untuk kepentingan sendiri.

Menurut para peneliti, syaraf kebahagiaan yang ada pada otak orang yang bersedekah menjadi lebih aktif, seakan-akan menyala. Sehingga menandakan bahwa pemberinya sangat berbahagia setelah melakukannya.

Saat kita berbagi, hormon endorphin di dalam tubuh akan cenderung dilepaskan dengan jumlah yang lebih banyak.

Selain itu, hormon oksitosin yang berperan dalam membuat kita lebih berempati juga meningkat jumlahnya.

Yang menarik adalah, sensasi bahagia ini bisa bertahan hingga dua jam lamanya. Bahkan, kebahagiaan dan empati ini bisa menular pada orang yang diberi sedekah sehingga menginspirasinya untuk bisa bersedekah pada orang lain.

Penelitian lainnya bahkan menyebutkan bahwa mereka yang rajin membantu orang lain, termasuk teman dan tetangganya, cenderung menurunkan resiko kematian hingga 5 tahun.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan daya tahan tubuh sehingga resiko untuk terkena penyakit mematikan juga menurun.

Penelitian ilmiah ini membuktikan berbuat baik layaknya bersedekah sangat banyak gunanya bagi kesehatan.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: