Berikut Tahap dan Berhentinya Tumbuh Anak Laki-laki Menururt Peneliti

forumriau.com 31.1.18
forumriau.com
Rabu, 31 Januari 2018
Berikut Tahap dan Berhentinya Tumbuh Anak Laki-laki Menurut Peneliti

Pertumbuhan selama pubertas anak laki-laki terjadi dalam jangka waktu yang lama, sehingga bisa sulit diketahui kapan sudah selesai. Peneliti menjelaskan apa yang diharapkan dan bagaimana mengetahui kapan anak laki-laki cenderung berhenti tumbuh.

Setiap individu tumbuh pada tingkat yang berbeda, dan puberitas dimulai dan berakhir pada waktu yang berbeda untuk semua orang. Pubetias bisa berlangsung dari 2 sampai 5 tahun, jadi tidak selalu mudah diprediksi kapan akan berakhir.

Tubuh anak laki-laki mengalami banyak perubahan selama masa pubertas. Perubahan ini bisa janggal atau membingungkan, tapi prosesnya terjadi pada semua orang dan mengetahui apa yang bisa diharapkan dapat membantu.

Fakta saat anak laki-laki berhenti tumbuh:
Berapa lama pubertas berlangsung dan perkembangan umum bergantung pada berbagai faktor. Bagi anak laki-laki, ada beberapa bukti bahwa kelebihan berat badan atau obesitas berarti bahwa pubrtas cenderung dimulai pada usia yang lebih tua.

Pubertas berlangsung 2 sampai 5 tahun untuk anak laki-laki dan perempuan.
Anak laki-laki cenderung mulai pubertas sekitar setahun kemudian daripada anak perempuan. Ini berarti bahwa anak laki-laki mungkin lebih pendek daripada anak perempuan yang memiliki usia yang sama selama 1 sampai 2 tahun.

Kapan anak laki-laki biasanya benar-benar dewasa?
Pubertas adalah proses pertumbuhan dan perubahan yang terjadi di dalam tubuh saat anak laki-laki menjadi dewasa. Pubertas berbeda untuk semua orang dan bisa dimulai pada usia berapa pun antara 8 dan 14. Usia rata-rata anak laki-laki untuk menunjukkan tanda awal pubertas adalah sekitar 12 tahun, sekitar 1 tahun setelah anak perempuan mulai pubertas.

Tingkat pertumbuhan tercepat biasanya 1 sampai 2 tahun setelah pubertas dimulai. Mengembangkan fisik menjadi dewasa membutuhkan waktu 2 sampai 5 tahun. Kebanyakan anak laki-laki akan berhenti tumbuh lebih tinggi pada usia 16 tahun dan biasanya akan berkembang sepenuhnya pada usia 18 tahun.

Awal pubertas dan etnisitas
Ada lebih banyak penelitian tentang usia dimana pubertas dimulai pada anak perempuan daripada anak laki-laki. Namun, sebuah studi oleh American Academy of Pediatrics menemukan bahwa anak laki-laki Afrika-Amerika cenderung mulai pubertas lebih awal daripada pria Hispanik (campuran Amerika dan Spanyol) atau Kaukasia (kulit putih).

Apa faktor genetiknya?
Gen memainkan peran dan tinggi parental (garis keturunan ) adalah indikator bagus tentang seberapa tinggi seorang anak nantinya. Cara untuk menilai kira-kira seberapa tinggi anak laki-laki di antaranya

Tinggi bertambah berdasarkan tinggi ibu dan ayah
Membagi angka ini dengan 2.

Menambahkan 2,5 inci
Perhitungan ini adalah perkiraan dan, secara umum, tidak mungkin untuk memprediksi tinggi badan secara akurat. Pertumbuhan memang cenderung mengikuti kurva, namun, jika seseorang secara teratur merencanakan tinggi anak laki-laki pada grafik sepanjang masa kecil mereka, mungkin saja untuk melacak di mana garis tersebut cenderung berakhir.

Penyakit kronis, seperti artritis berat, dan kondisi genetik, seperti down syndrome, dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih pendek di masa dewasa daripada yang seharusnya diharapkan.

Tinggi rata-rata anak laki-laki
Tinggi rata-rata bervariasi di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, tinggi rata-rata untuk pria dewasa adalah 5 kaki 9 inci atau 70,8 inci.

Rata-rata ini ditemukan dengan menambahkan pengukuran tinggi sekelompok orang bersama-sama dan kemudian dibagi dengan jumlah orang yang disurvei.

Itu tidak berarti bahwa orang-orang di atas atau di bawah ketinggian ini sangat tinggi atau kecil. Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda.

Pertanyaan dan jawaban
Pubertas bisa menjadi waktu yang sangat membingungkan bagi kaum muda, dan berikut ini adalah daftar pertanyaan yang mungkin diajukan orang.

Pada usia berapa alat kelamin berhenti tumbuh?
Bagi anak laki-laki, salah satu tanda awal pubertas adalah pertumbuhan testis dan perkembangan rambut kemaluan. Alat kelamin tumbuh sepanjang pubertas.

Karena pubertas berakhir pada usia yang berbeda untuk orang yang berbeda, tidak ada batasan usia dimana alat kelamin akan benar-benar berkembang. Begitu pubertas selesai, alat kelamin biasanya sepenuhnya berkembang. Pubertas biasanya memakan waktu sekitar 4 tahun.

Tahap kunci perkembangan alat kelamin untuk anak laki-laki:
Setelah 1 tahun pubertas, penis dan testis mulai tumbuh dalam ukuran
Alat kelamin terus tumbuh selama 1 sampai 2 tahun ke depan. Sekitar 4 tahun setelah pubertas dimulai, pertumbuhan alat kelamin harus lengkap.

Kapan pertumbuhan rambut berhenti?
Rambut kemaluan biasanya tumbuh lebih dulu, diikuti oleh rambut di bawah lengan setelah sekitar satu tahun. Rambut wajah dan bulu tubuh lainnya akan berkembang setelah sekitar 2 tahun pubertas. Perkembangan rambut tubuh biasanya akan berhenti di akhir pubertas.

Apa yang mungkin mengganggu tingkat pertumbuhan?
Faktor-faktor seperti diet dan lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan. Di seluruh dunia, anak-anak dengan makanan yang menyebabkan kekurangan gizi mungkin tidak tumbuh setinggi atau makanan mereka yang berlimpah dan seimbang.

Penyakit, kondisi genetik, dan penggunaan beberapa obat, seperti kortikosteroid, semuanya dapat memperlambat atau membatasi pertumbuhan.

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh bisa memperlambat atau mempercepat pertumbuhan. Orangtua atau pengasuh mungkin ingin meminta saran dari dokter mereka jika anak laki-laki:

Tumbuh lebih cepat atau lebih lambat dari yang diperkirakan
Jauh lebih pendek atau lebih tinggi dari anak-anak lain seusia mereka
Tumbuh sangat tinggi meski memiliki orangtua yang lebih pendek
Belum mulai pubertas pada usia 14
Sinar-X tangan dan pergelangan tangan dapat membantu menilai berapa banyak anak akan tumbuh.

Kiat untuk memastikan pertumbuhan terbaik
Makan dengan sehat dan tetap aktif akan membantu orang muda mencapai potensi penuh mereka secara maksimal. Semua individu memiliki potensi tinggi maksimal. Beberapa hal dapat dilakukan untuk memastikan seseorang mencapai potensi penuh, tapi seseorang tidak dapat tumbuh melampaui ini dengan menggunakan suplemen atau mengonsumsi makanan tertentu.

Mengonsumsi makanan sehat dan cukup tidur dan berolahraga sangat penting. Ada banyak cara untuk tetap aktif, bergabung dengan tim olahraga untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Remaja butuh 8 sampai 10 jam tidur semalam. Pola tidur yang sehat berarti tidur sekitar waktu yang sama setiap malam dan tidak begadang.

Selama pubertas, anak laki-laki mungkin lebih pendek atau lebih tinggi daripada anak laki-laki lain seusia mereka. Ini bisa sulit untuk ditangani. Memahami perubahan yang dialami tubuh mereka dan dapat menemukan informasi tentang pubertas dapat membantu.

Anak laki-laki harus diyakinkan bahwa tumbuh membutuhkan waktu dan semua orang berbeda. Mengembangkan harga diri yang baik melalui hubungan keluarga yang positif, persahabatan, hobi, dan minat dapat membantu anak laki-laki mengatasi masa pubertas.(drsc)

Thanks for reading Berikut Tahap dan Berhentinya Tumbuh Anak Laki-laki Menururt Peneliti | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments