Ratusan KUMKM Sepakat Bentuk Perkumpulan se Riau | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ratusan KUMKM Sepakat Bentuk Perkumpulan se Riau

Ratusan KUMKM Sepakat Bentuk Perkumpulan se Riau

Perwakilan ratusan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) sepakat bentuk perkumpulan. Kesepakatan ini setelah pertemuan dalam pelatihan perijinan yang berlangsung di komplek Kampung Digital PLUT KUMKM Disdag Provinsi Riau.

FORUMRIAU.COM - Kesepakatan tersebut dibenarkan oleh Asyari,SH, Kepala Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKAM Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disdagkop) Provinsi Riau.

"Sebagai kepala PLUT KUMKM Disdag Riau, mewakili pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Daerah Riau, tentu kita sangat menyambut baik keinginan para pelaku usaha untuk membuat kelompok perkumpulan, apalagi mereka semua sepakat atas dasar kesadaran hak dan hukum negara yang membolehkan berkumpul, berorganisasi sesuai amanah undang-undang 45," terang Asyari, Sabtu 9 Desember 2017 menjawab forumriau.com.

Dalam pertemuan setelah pelatihan bertema Bimbingan Teknis Pengurusan Legalitas Usaha, P-IRT, IUMK dan Sertifikat Halal, 5 sampai 7 Desember 2017 tersebut, peserta pelatihan dari utusan KUMKM se Riau bersepakat membentuk kelompok perkumpulan, setara oraganisasi massa sekelas Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Pada hari terakhir Bimtek (Bimbingan Teknis) legalitas atau perijinan itu, semua peserta sepakat membuat perkumpulan. Dibentuklah sebanyak 13 orang sebagai tim Formatur Pembentukan Kelompok KUMKM se Riau," ungkap Asyari.

Tim formatur pembentukan kelompok KUMKM se Riau ini menurut Asyari akan bekerja dalam waktu cepat untuk merumuskan nama perkumpulan, ad/art, logo, visi misi serta yang terutama adalah legalistas secara hukum sesuai UU Perkumpulan.

"Pada Senin pekan depan, tim 13 orang itu akan mengadakan rapat formatur pembentukan kelompok. Tujuan kelompok ini sebagai wujud kepedulian pelaku KUMKM se Riau dalam meningkatkan bidang usaha mereka, dari mikro jadi kecil, dari kecil jadi menengah dan tentu saja dari tingkat menengah akan jadi usaha besar. Ini sesuai dengan tujuan pemerintah," terang Asyari.
Dari data sementara kelompok KUMKM, di Kota Pekanbaru saja sedikitnya ada 256 tersebar di semua kecamatan dan kelurahan kota Pekanbaru.

Sedangkan pembentukan kelompok KUMKM se Riau akan membawahi tingkat 12 Kabupaten/Kota termasuk Kota Pekanbaru tersebut.(*) Surya Koto

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: