Awas Berhutang Picu Banyak Penyakit Ini Kata Ahli | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Awas Berhutang Picu Banyak Penyakit Ini Kata Ahli

Awas Berhutang Picu Banyak Penyakit Ini Kata Ahli

Cukup banyak orang yang berhutang demi memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh, kebanyakan orang memilih untuk mendapatkan pinjaman demi bisa membeli rumah tinggal atau kendaraan pribadi yang bisa membantu aktifitas sehari-hari.

Sayangnya, ada pula orang yang sengaja berhutang hanya demi memenuhi gaya hidup.

Padahal, menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Afrika Selatan, orang dewasa yang berhutang dan kesulitan untuk membayar cicilan tagihan, akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga 13 kali lipat!

Dalam penelitian yang dilakukan di Afrika Selatan dan dipublikasikan hasilnya dalam jurnal kesehatan The Lancet pada Februari 2017 ini, disebutkan bahwa resiko terkena serangan jantung bagi orang yang suka berhutang, bahkan 6 kali lipat lebih besar dari yang dimiliki oleh orang yang stress karena pekerjaannya.

Peneliti utama, Dr. Denishan Govender, menyebutkan, bahwa berhutang bisa memicu stress tersendiri yang akhirnya membuat orang punya hutang sangat lebih mudah terkena tekanan darah tinggi atau tergiur untuk merokok demi menghilangkan stressnya.

Padahal, kedua hal ini adalah pemicu utama dari serangan jantung yang sangat mematikan.

Saat mengungkapkan hasil penelitiannya pada Kongres Tahunan Asosiasi Jantung Afrika Selatan yang diadakan di Johannesburg, Dr. Govender menyebutkan, bahwa yang berhutang bahkan bisa mengalami peningkatan stress atau gejala depresi yang signifikan, menjelang hari penagihan cicilan, apalagi jika mereka tidak memiliki pemasukan yang cukup untuk membayarnya.

Melihat adanya fakta ini, mereka yang stress karena berhutang sebaiknya kerap berkonsultasi ke dokter, agar bisa mendapatkan saran yang tepat atau melakukan cara-cara yang efektif demi mengendalikan stressnya agar tidak mudah terkena serangan jantung.

Namun, ada baiknya memang kita tidak terbiasa berhutang terkecuali untuk hal-hal yang mendesak agar resiko terkena penyakit mematikan ini bisa ditekan.(drsc)

Perlu dilihat: Artis Jepang Ungkap Cara Langsing Dengan Pernapasan

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: