Tekan Salahguna Anggaran Desa PMDD Riau Rakor P3MD

forumriau.com 6.9.17
forumriau.com
Rabu, 06 September 2017
Tekan Salahguna Anggaran Desa PMDD Riau Rakor P3MD 
Untuk menekan penyalahgunaan anggaran desa, pemerintah Provinsi Riau melakukan pelatihan bagi aparatur hingga ke tingkat desa.

FORUMRIAU.COM - Rapat koordinasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) propinsi Riau ini mengangkat tema "Melalui rakor P3MD kita tingkatkan komitmen dan sinergiritas dalam pembinaan dan pengawasan dana desa menuju kemandirian desa". Kegiatan dilaksanakan Rabu, 6/9/2017 di Pekanbaru.

Dalam agenda kegiatan tersebut, hadir gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, diwakili Asisten 111 setdaprov Riau Hj.Indrawati Nasution.

"Bagaimana pemanfaatan dana desa ini termanfaat dengan baik, tentunya untuk menghindari yang tidak kita inginkan dilapangan, ada dibeberapa desa,penggunaan dana desa tidak tepat sasaran, tidak sesuai ketentuan, untuk itu kami menghimbau melalui rakor ini kepada seluruh aparatur desa, gunakanlah dana desa ini sesuai dengan perundang undangan dan juknis yang sudah dibuat,"pesan gubernur Riau Andi Rachman disampaikan Indrawati.

Kepala dinas P3MD Propinsi Riau, Drs.H.Syarifuddin mengatakan terkait adanya beberapa desa tersangkut perkara persoalan dana desa, P3MD selaku institusi pemerintah melakukan adanya monitoring evaluasi, adanya pembinaan fasilitasi sehingga persoalan dapat diminimalisir.

"Kapasitas aparatur desa juga mempengaruhi kinerja yang ada. Undang undang no 6 tahun 2014, masih muda sehingga kurangnya pemahaman sebagian aparatur desa untuk pengunaan anggaran, adanya dana dari pusat, propinsi dan kabupaten nantinya, kami menghimbau melalui rakor ini, komponen komponen yang terkait dalam pengelolaan dana desa, didalam pembangunan dan pemberdayaan desa dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. Dan tentunya kita menghindari adanya persoalan persoalan hukum terkait dana desa," ujarnya

Ketua panitia sekaligus PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Wan Taufik Hasym mengatakan rakor ini meningkatkan komitmen sinergisitas secara bersama sama dalam rangka melaksanakan fungsi dan pembinaan serta pengawasan dana desa.

Kegiatan dilaksananakan selama tiga hari dan dihadiri Dirjen P3MD diwakili kasubdit Fahri,Kanwil Pajak,Kepala BPKP Propinsi Riau,Dan Bapeda Propinsi Riau. (frc/460/Syafri)
Perlu dilihat : Saat Kata Hancur Negara Mulai Terbukti Era Jokowi

Thanks for reading Tekan Salahguna Anggaran Desa PMDD Riau Rakor P3MD | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments