Tandai Gatal Diabetes atau Sakit Kulit

forumriau.com 12.7.17
forumriau.com
Rabu, 12 Juli 2017


Banyak orang dewasa mengalami gatal pada bagian tertentu di tubuhnya. Gejala gatal ini sering menjadi masalah dalam melakukan kegiatan. Bagian lingkar pinggang, selangkangan, atau pada bagian punggung pada umumnya dialami banyak orang dewasa.

Pakar kesehatan menyatakan salah satu gejala dari penyakit diabetes yang harus diwaspadai adalah adanya rasa gatal pada kulit.

Hal ini tentu membuat banyak orang panik andai mengalami gatal-gatal yang cukup parah pada tubuhnya.

Sebenarnya, apakah ada perbedaan dari gejala gatal yang disebabkan oleh diabetes dan gatal yang disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya pada kulit?

Saran Dokter
Pakar kesehatan dr. Dyah Novita Anggraini menyebutkan bahwa rasa gatal yang dipicu oleh penyakit diabetes dan gatal-gatal biasa memang tidak bisa dibedakan dengan kasat mata mengingat sebagian penyakit kulit juga bisa menimbulkan gejala yang juga cukup serius.

Karena alasan inilah dr. Dyah tidak merekomendasikan untuk menduga-duga saja apakah gatal ini disebabkan oleh penyakit kulit atau justru diabetes.

Jika memang ingin mengetahui secara pasti penyebabnya, maka ada baiknya segera melakukan tes pemeriksaan kadar gula dalam darah.

Gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh diabetes memang akan menyebabkan rasa gatal mengingat kulit mengalami reaksi akibat dari peningkatan kadar gula dalam darah yang cukup signifikan dalam waktu yang lama.

Jika gatal-gatal yang disebabkan oleh diabetes ini berasal dari pembuluh darah, maka gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit lain biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Karena alasan inilah gatal-gatal yang disebabkan oleh diabetes bisa menyebabkan luka.

Gejala lain yang mendukung sebagai diabetes
Selain gatal-gatal pada kulit, gejala lain yang dialami oleh penderita diabetes adalah kecenderungan untuk kerap merasa haus, mudah lapar, hingga peningkatan keinginan untuk buang air kecil.

Jika rasa gatal-gatal ini terus muncul dan tak kunjung sembuh disertai gejala lain tersebut diatas, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter, karena jika memang penyebab dari gatal-gatal ini adalah diabetes, maka upaya segera melakukan cara-cara untuk mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik dan mencegah komplikasi diabetes yang berbahaya dapat dilakukan.

Selain itu, anda juga bisa menjadi lebih berhati-hati dengan gatal-gatal ini agar tidak bisa menimbulkan luka yang tentu cukup sulit untuk dirawat.(drsc)
Perlu dilihat : Cara Kecilkan Perut Artis Jepang Dengan Pernafasan

Thanks for reading Tandai Gatal Diabetes atau Sakit Kulit | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments