Sehari Dibuka, Balon Gubernur Riau Pesan Antrian Mendaftar ke PBB | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Sehari Dibuka, Balon Gubernur Riau Pesan Antrian Mendaftar ke PBB



Meski secara undang - undang tidak dapat mengusung calon kepala daerah, namun keberadaan PBB Riau menjadi perhitungan bagi bakal calon Gubernur Riau di kancah politik Pilkada 2018 nanti.

Berdasar hasil Pemilu 2014 lalu, PBB Riau punya 11 kursi anggota dewan duduk di DPRD yang tersebar di 8 daerah dari 12 kabupaten/kota se Riau.

Selain itu, menghadapi Pemilu 2019, PBB Riau telah memiliki pengurus lengkap dari DPC hingga ranting semua jenjang tingkat pengurusnya di 12 daerah kabupaten/kota se Riau.

FORUMRIAU.COM -- Fakta tersebut mendapat sambutan dari bakal calon gubernur Riau terhadap PBB. Sehingga baru saja sehari membuka pendaftaran bakal calon gubernur Riau untuk Pilkada 2018 mendatang, DPW PBB (Partai Bulan Bintang) Provinsi Riau langsung diminati oleh salah satu bakal calon (Balon).

Peminat dukungan dari DPW PBB Riau itu datang dari Balon Gubernur Riau atas nama Irwan Nasir. Hal itu diungkap oleh Ketua DPW PBB Riau Ramli Abdul Hamid L.MEI saat membuka pendaftaran Balon Gubernur Riau oleh DPW PBB Riau, Kamis 13 Juli 2017 di Pekanbaru.

"Mendengar pembukaan pendaftaran bakal calon oleh DPW PBB hari ini, salah seorang bakal calon gubernur Riau atas nama Irwan Nasir langsung menyatakan akan mendaftar. Rencananya beliau secara resmi akan datang mendaftar ke DPW PBB Riau Senin (17/7/2017) nanti," ungkap Ramli Hamid.

Sementara nama balon gubernur Riau lainnya, Abdul Hamid mengakui masih dalam catatan DPW PBB Riau.

"Bakal calon lain masih dalam tahap komunikasi.Yang kita ungkapkan hari ini karena bakal calon atas nama Irwan Nasir menyatakan kepastiannya dengan menyebut jadwal ia mendaftar pada hari Senin," kata Abdul Hamid.

Sementara itu, menurut Syafril Koto selaku Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Riau, pendaftaran Balon dibuka mulai 13 Juli hingga 27 Juli 2017 mendatang.

"Secara undang - undang Pemilu Pemilihan Kepala Daerah, diakui PBB Riau sementara ini tidak bisa jadi partai pengusung calon gubernur Riau, karena kursi legislatifnya tidak ada di tingkat DPRD Riau. Namun keberadaan kader PBB di semua daerah, wajib kita pertanggungjawabkan hak pilih mereka dalam demokrasi di Pilkada 2018. Sehingga semua kader PBB akan memilih pemimpin Riau lima tahun ke depan dengan terukur, terarah dan sesuai kata mufakat dari partai," ungkap Syafril.

Proses internal DPW Riau itu menurut Syafril dilalui dengan mekanisme Rapat Pleno Khusus Partai (RPKP) PBB. 

"Setiap nama balon yang mendaftar, akan melalui proses internal partai RPKP untuk menentukan satu nama yang akan didukung nantinya. Dukungan untuk satu nama bakal calaon ini akan diumumkan sebagai instruksi kepada seluruh anggota PBB se Riau. Instruksi dukungan itu diumumkan setelah KPU menetapkan calon gubernur tetap nantinya," tutup Syafril.

Kader PBB di DPRD se Riau hasil Pemilu 2014 :
  1. Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terdapat 3 Kursi DPRD
  2. Kabupaten Inderagiri Hilir (Inhil) terdapat 2 Kursi DPRD 
  3. Kabupaten Inderagiri Hulu (Inhu) terdapat 1 (satu) Kursi DPRD
  4. Kabupaten Pelalawan terdapat 1 (satu) Kursi DPRD 
  5. Kabupaten Siak terdapat 1 (satu) Kursi DPRD 
  6. Kabupaten Meranti terdapat 1 (satu) Kursi DPRD 
  7. Kabupaten Bengkalis terdapat 1 (satu) Kursi DPRD 
  8. Kota Dumai terdapat 1 (satu) Kursi DPRD.
Total kader PBB Riau berdasarkan hasil Rekapitulasi Suara Pemiliha Umum (Pemilu) Legislatif 2014 lalu oleh KPU itu berjumlah 11 kursi dan 8 daerah dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: