Orang Indonesia Termalas Jalan Kaki Sedunia Menurut Penelitian | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Orang Indonesia Termalas Jalan Kaki Sedunia Menurut Penelitian



Badan kesehatan dunia World Healt Organization (WHO) menyarankan setiap orang paling sedikit melakukan olahraga sebanyak 150 menit saja dalam satu pekan. Olahraga yang paling mudah seperti layaknya hanya dengan berjalan kaki sudah dapat mencukupi.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang justeru sangat malas melakukan olahraga meskipun hanya sekedar berjalan kaki.

Padahal jika saja melakukan jalan santai di lokasi yang disukai hingga mencapai anjuran WHO dalam sepekan atau tujuh hari itu, setidaknya 150 menit dibagi tujuh hari hanya 21,4 menit saja rata - rata waktu yang dibutuhkan dalam sehari.

Banyak faktor yang membuat orang malas menyisihkan waktunya untuk berolahraga meski hanya sekedar berjalan kaki saja.

Kesibukan kerja serta fasilitas kendaraan yang serba mudah didapatkan saat ini menjadi penyebab malas tersebut.

Melihat fenomena masyarakat modern yang semakin malas bergerak, pakar kesehatan dari Stanford University Amerika Serikat pun melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat aktivitas masyarakat dari berbagai negara di dunia.

Para peneliti ini kemudian mengambil data yang didapatkan dari smartphone untuk mengetahui negara-negara mana saja yang masyarakatnya paling aktif berjalan kaki dan yang paling malas melakukannya.

Sebagai informasi, hampir semua smartphone yang diproduksi di dunia telah dilengkapi dengan accelerometer yang mampu mengukur seberapa banyak langkah penggunanya.

Secara total, data yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti ini mampu mendapatkan aktivitas begitu banyak orang selama 68 juta hari.

Yang cukup mengejutkan adalah hasil dari penelitian ini menunjukkan fakta bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang paling malas berjalan kaki di seluruh dunia.

Rata-rata, masyarakat tanah air hanya berjalan kaki 3.513 langkah setiap harinya. Hal ini sangatlah kontras dengan rata-rata langkah berjalan kaki manusia di seluruh dunia yang mencapai 4.961 langkah setiap hari.

Sementara itu, warga Hong Kong ternyata menjadi yang paling rajin berjalan kaki dimana setiap harinya mereka bisa berjalan kaki hingga 6.880 langkah.

Penyebab dari malasnya masyarakat Indonesia berjalan kaki adalah kecenderungan untuk menggunakan sepeda motor ke berbagai tempat, termasuk ke dalam tempat-tempat yang dekat.

Berdasarkan dari penelitian tersebut, ada baiknya kita mulai meninggalkan kebiasaan buruk dan awali dengan semakin sering melangkahkan kaki demi tubuh yang semakin sehat.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: