Ketahui Buahan Tidak Baik Dimakan Saat Berobat | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ketahui Buahan Tidak Baik Dimakan Saat Berobat

Jika anda pernah menjenguk orang dalam keadaan sakit dan tengah menjalani pengobatan, tentu saja anda melihat adanya oleh - oleh atau buah tangan dari pembesuk ke orang yang dibesuknya.

Pemandangan ini lumrah terjadi di banyak rumah sakit maupun di rumah pribadi orang yang sedang sakit jika dibesuk oleh sanak saudara dan kenalannya. 

Namun, apakah benar semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh orang sedang menjalani pengobatan? Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani minum obat.

Jika masih dalam kondisi harus mengkonsumsi obat-obatan demi menyembuhkan penyakit, ada baiknya memperhatikan jenis makanan terutama buahan apa saja yang boleh dikonsumsi bersama - sama obatan. 

Sebagai contoh, pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi obat bersamaan dengan jus jeruk Bali atau grapefruit, apalagi jika obat yang dikonsumsi adalah obat yang dibeli tanpa menggunakan resep dokter. 

Apa alasan dari rekomendasi ini?
Pakar kesehatan yang berasal dari Food and Drugs Administration di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jus jeruk Bali memang kaya akan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Jeruk Bali mengandung khususnya vitamin C yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan kalium yang bisa membantu kinerja jantung. 

Akan tetapi, jika meminum jus jeruk Bali ini dengan obat, maka khasiat dari obat yang diminum dalam menyembuhkan penyakit itu akan menjadi tidak terasa.

Telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi jus jeruk Bali dengan obat secara bersamaan akan membuat kinerja obat menurun dengan drastis. Sehingga tubuh yang sakit tidak akan segera sembuh dari penyakit yang sedang dialami pasien.

Salah satu contoh medik, ketika seseorang atau pasien jika ada konsumsi obat statin, yaitu jenis obat yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka tidak akan mampu bekerja dengan maksimal saat diminum bersamaan dengan ketika minum jus jeruk Bali

Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi jeruk Bali yang justru menghambat kinerja enzim yang seharusnya mampu menurunkan kolesterol pada obat ini. 

Selain itu, obat allegra atau fexofenadine yang bisa mengatasi alergi juga akan mengalami hal yang sama jika dikonsumsi bersamaan dengan saat pasien minum jus jeruk bali. 

Kandungan jus ini justru menghambat sel-sel tubuh yang akan berpindah sehingga alergi pun tidak bisa mereda.

Tak hanya saat minum obat, pakar kesehatan menyarankan penderita masalah tekanan darah tinggi atau aritmia untuk tidak mengkonsumsi jus jeruk Bali. Anjuran ini supaya tidak berbahaya bagi kondisi kesehatan penderita darah tinggi.(drsc)
Perlu dilihat : Teknik Nafas Artis Jepang Mudah Kecilkan Perut

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: